Inilah Pidato Presiden Soekarno saat Proklamasi Kemerdekaan yang Penuh Haru

Inilah Pidato Presiden Soekarno saat Proklamasi Kemerdekaan yang Penuh Haru (Foto SEJARAH)
Inilah Pidato Presiden Soekarno saat Proklamasi Kemerdekaan yang Penuh Haru (Foto SEJARAH) (Foto : )
Presiden Pertama Republik Indonesia Ir Soekarno didampingi Mohammad Hatta membacakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.
Pembacaan dilakukan pada pukul 10.00 WIB, di Jalan Pegangsaan Timur, Jakarta, dengan penuh haru.Seperti dikutip dari laman Kemdikbud, Senin (15/8/2022), setelah pembacaan naskah proklamasi, dilakukan pengibaran bendera Merah Putih.Sang Saka Merah Putih yang dikibarkan, dijahit beberapa saat sebelumnya oleh Ibu Fatmawati.Sebelum membacakan teks proklamasi, Soekarno terlebih dulu membaca pidato proklamasi.[caption id="attachment_557287" align="aligncenter" width="900"]
Bung Karno saat momen bersejarah Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945. (Foto Sejarah) Bung Karno saat momen bersejarah Proklamasi Kemerdekaan RI, 17 Agustus 1945. (Foto Sejarah)[/caption]Berikut Pidato Proklamasi yang dibacakan Soekarno: "Saudara-saudara sekalian, saya telah minta saudara-saudara hadir di sini untuk menyaksikan satu peristiwa maha penting dalam sejarah kita. Berpuluh-puluh tahun kita bangsa Indonesia telah berjuang untuk kemerdekaan tanah air kita, bahkan telah beratus-ratus tahun!Gelombangnya aksi kita untuk mencapai kemerdekaan kita itu ada naik turunnya, tetapi jiwa kita tetap menuju ke arah cita-cita itu. Juga di dalam jaman Jepang, usaha kita untuk mencapai kemerdekaan nasional tidak berhenti-berhenti.Di dalam jaman Jepang ini tampaknya saja kita menyandarkan diri kepada mereka. Tetapi pada hakekatnya, tetap kita menyusun tenaga kita sendiri, tetap kita percaya kepada kekuatan kita sendiri.