Mengenal Sri Asih, Tokoh Superhero Perempuan Indonesia

DF0174B5-60E0-49EE-BBB7-51BA3A24A0B4
DF0174B5-60E0-49EE-BBB7-51BA3A24A0B4 (Foto : )
Jagat maya tengah dihebohkan dengan perilisan teaser film garapan Screenplay Bumilangit yang berjudul Sri Asih. Film ini mengisahkan tentang seorang tokoh pahlawan super perempuan di Indonesia.
Film yang digarap oleh sutradara Upi ini merupakan sebuah film yang diadaptasi dari komik berjudul sama karya R.A. Kosasih. Lantas, seperti apa sebenarnya sosok Sri Asih sang superhero perempuan ini? Simak pembahasannya pada artikel berikut ini.
Sri Asih sebagai superhero perempuan di IndonesiaSuperhero perempuan tersebut memang terlahir dari komikus asal Bogor, Jawa Barat dan mengangkat kebudayaan khas Nusantara. Bahkan karakter ini juga merupakan tokoh komik perempuan Indonesia pertama yang dibuat ditahun 1950an.Rupanya, tokoh superhero perempuan fiktif ini sudah ada di komik Indonesia sejak tahun 1953 dan dibuat oleh R.A. Kosasih yang dikenal sebagai Bapak Komik Indonesia pada tahun 1953 dan pertama kali diterbitkan oleh Penerbit Melodie asal Bandung, Jawa Barat di tahun 1954.Asal Muasal Tokoh Sri AsihSri Asih merupakan jelmaan dari Dewi Kesuburan yang dipercayai oleh kalangan masyarakat Jawa Barat bernama Dewi Sri. Tokoh dibalik superhero ini adalah Nani Wijaya, seorang perempuan Sunda yang bekerja untuk agen kriminal dan investigasi yang memiliki kekuatan super, yang setara dengan 250 pria dewasa.