Will Smith Dihukum Oscar 10 tahun, Akibat Waktu itu

Will Smith
Will Smith (Foto : )

Akademi film Hollywood pada hari Jumat (8/4/2022) melarang Will Smith menghadiri Oscar selama 10 tahun setelah pemenang aktor terbaik menampar presenter Chris Rock di atas panggung pada upacara Academy Awards 12 hari yang lalu.

Dewan gubernur Academy of Motion Picture Arts and Sciences mengambil tindakan tersebut pada pertemuan yang diadakan satu minggu setelah Smith secara resmi mengundurkan diri dari grup karena ulah spontsnnya di  yang disiarkan televisi.

"Oscar ke-94 dimaksudkan untuk menjadi perayaan bagi banyak individu di komunitas perfilman kami, yang sudah melakukan pekerjaan luar biasa tahun lalu," kata Presiden akademi David Rubin dan Kepala Eksekutif Dawn Hudson dalam sebuah pernyataan.

"Namun, saat-saat itu dibayangi oleh perilaku yang tidak dapat diterima dan berbahaya yang diperlihatkan oleh Mr. Smith di atas panggung."

Dalam sebuah pernyataan, Smith berkata, "Saya menerima dan menghormati keputusan Akademi." Aktor tersebut telah mengeluarkan pernyataan sebelumnya meminta maaf kepada Rock, produser Oscar, nominasi dan pemirsa. 

Selain Oscar, penghargaan paling bergengsi di dunia film, dewan juga melarang Smith dari semua acara dan program akademi lainnya, secara langsung atau virtual, selama 10 tahun.

Namun, grup tersebut tidak mengatakan bahwa dia tidak memenuhi syarat untuk dinominasikan untuk Oscar selama waktu itu.