AS Boikot Diplomatik di Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Screen Shot 2021-12-07 at 08.38.38
Screen Shot 2021-12-07 at 08.38.38 (Foto : )
Amerika Serikat tidak akan mengirim pejabat pemerintah ke Olimpiade Musim Dingin 2022  pada 4-20 Februari 2022 dengan alasan telah terjadi pelanggaran hak asasi manusia oleh pemerintah China Namun tetap mengirimkan atletnya.
Presiden Joe Biden mengatakan bulan lalu bahwa dia sedang mempertimbangkan boikot semacam itu di tengah kritik terhadap catatan hak asasi manusia China, termasuk apa yang dikatakan Washington sebagai genosida terhadap minoritas Muslim di wilayah barat Xinjiang.
“Pemerintahanan Joe Biden tidak akan mengirim perwakilan diplomatik ke Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Beijing 2022 mengingat genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan RRT yang sedang berlangsung di Xinjiang dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya," sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan pada konferensi pers harian.
Langkah itu pasti akan semakin memperkeruh hubungan kedua negara adidaya yang telah berada di titik terendah dalam beberapa dekade. Sebelumnya telah terjadi dari upaya untuk menstabilkan hubungan dengan pertemuan online bulan lalu antara Biden dan pemimpin China Xi Jinping.