Indonesia Maritime Club Seri 34, Topik: Solusi dan Strategi Mengatasi Kelangkaan Peti Kemas dan Ruang Muat untuk Mendukung Kegiatan Ekspor Nasional

Indonesia Maritime Club Seri 34, Topik: Solusi dan Strategi Mengatasi Kelangkaan Peti Kemas dan Ruang Muat untuk Mendukung Kegiatan Ekspor Nasional (Foto Dok. go-container.id)
Indonesia Maritime Club Seri 34, Topik: Solusi dan Strategi Mengatasi Kelangkaan Peti Kemas dan Ruang Muat untuk Mendukung Kegiatan Ekspor Nasional (Foto Dok. go-container.id) (Foto : )
Perdagangan Ekspor, yaitu menjual barang ke luar negeri, merupakan suatu aspek penting dalam upaya meningkatkan devisa/pemasukan negara dan meningkatkan Gross Domestic Product (GDP) suatu negara.
Kegiatan Ekspor juga akan menumbuhkan investasi dan industri suatu negara serta memperluas lapangan kerja.Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan negara maritim yang luas mempunyai tantangan terendiri dalam proses kegiatan ekspor. Sistem Logistik yang efisien dan efektif diperlukan untuk mendukung kegiatan ekspor yg optimal.Salah satu aspek penting dari sistem logistik itu di Indonesia adalah pengelolaan logistik maritim khususnya transportasi laut.Indonesia Maritime Club (IMC) Discussion Series yang diinisiasi myshipgo, kembali hadir di seri ke 34 dengantopik: Solusi dan Strategi Mengatasi Kelangkaan Peti Kemas dan Ruang Muat Untuk Mendukung Kegiatan Ekspor Nasional dengan narasumber:Dr. Sahat Manaor PanggabeanStaf Ahli Kemenko Maritim dan Investasi Bidang Manajemen KonektivitasDr. Capt Mugen Suprihatin Sartoto MSc .Direktur Lalu Lintas Laut, Kementerian Perhubungan RICarmelita HartotoKetua Umum DPP INSA (Indonesian National Shipowner's Association)Moderator:Alexander Hasan, Researcher dan Advisor myshipgo yang juga MBA Candidate dari Kyoto UniversityPada hari / Tanggal: Sabtu, 9 Oktober 2021Pukul : 10.00 - 12.00 WIB."Sektor maritim, kelautan dan logistik ini harus menjadi perhatian karena Indonesia negara kepulauan yang 70% wilayahnya terdiri dari perairan.Myshipgo menggagas forum diskusi ini untuk dapat memberikan manfaat dan kontribusi berupa pemikiran, ide, terobosan, pencerahan, serta edukasi di sektor maritim,kelautan,logistik dan juga teknologi informasi/digitalisasi.Selain itu, myshipgo berharap dapat "merangkul" para stakeholders di sektor tersebut untuk berkolaborasi dan bersinergi demi memajukan Indonesia," ujar Harlin E. Rahardjo, CEO dan Cofounder myshipgo"Kegiatan Ekspor Nasional harus didukung Sistem Logistik yang efisien dan efektif. Sebagai negara maritim dan kepulauan, tantangan terbesar khususnya di sektor logistik maritim dan transportasi laut. IMC kali ini akan membahas solusi pengelolaan kapal peti kemas(kontainer) dan ruang muat yang optimal yang dpt mengefisienkan operasional dan biaya logistik maritim" tambah Harlin.“Narasumber IMC# 34 ini lengkap, pak Sahat akan membahas dr sisi makro, capt mugen akan membahas regulasi dan Bu Meme akan berbicara dari sisi pelaku usaha. Diskusi ini juga akan diperkaya kehadiran pak Miftah Farid, Direktur Pengembangan Produk Ekspor Kemendag dan pak Saut Gurning, pakar logistik maritim “ tambah Alexander Hasan, Researcher myshipgo, moderator IMC 34 ini.
Pendaftaran melalui link di bit.ly/myshipgo_imc34 atau WA di +62 819 056 049 99