Wapres Minta Pamong Praja Muda Tingkatkan Jiwa Pancasila untuk Kesatuan dan Persatuan Bangsa

Wapres Minta Pamong Praja Muda Tingkatkan Jiwa Pancasila untuk Kesatuan dan Persatuan Bangsa (Foto Puspen Kemendagri)
Wapres Minta Pamong Praja Muda Tingkatkan Jiwa Pancasila untuk Kesatuan dan Persatuan Bangsa (Foto Puspen Kemendagri) (Foto : )
Wakil Presiden Ma’ruf Amin minta para pamong praja muda mampu meningkatkan jiwa Pancasila untuk memperkuat persatuan dan kesatuan.
Menurut mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu, pamong praja muda merupakan perekat persatuan dan kesatuan NKRI.“Perkuat iman dan takwa dalam pelaksanaan tugas, tingkatkan jiwa Pancasila. Serta perkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Karena Saudara-saudara adalah perekat persatuan dan kesatuan NKRI,” ujar Wapres Ma’ruf Amin.Hal itu disampaikan saat melantik pamong praja muda Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan XXVIII.Acara pelantikan sendiri dilakukan secara luring dan daring di Istana Wakil Presiden RI, Selasa (3/8/2021).Dengan peran tersebut, lanjut Wapres, mereka harus responsif dan peka terhadap dinamika perubahan lingkungan.Selain itu, mereka juga mesti antisipatif terhadap berbagai paham radikalisme, terorisme, narkoba. Serta isu lainnya yang berpotensi memecah belah masyarakat, seperti hoax dan kejahatan cyber.Selain itu, Wapres juga meminta agar para pamong praja muda dapat mewujudkan integritas yang tinggi. Yakni dengan mengedepankan kejujuran, moralitas, dan etika birokrasi.Tak hanya itu, mereka juga diminta tidak terjebak pada kondisi rutinitas di tempat bekerja.“Saudara-saudara dituntut untuk selalu berupaya mengembangkan ide dan gagasan baru untuk melakukan perubahan dan mewujudkan efektivitas. Serta efisiensi melaksanakan tugas, khususnya kecepatan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Wapres.Lulusan IPDN tersebut juga diminta untuk terus meningkatkan kemampuan dan mengembangkan kapasitas diri. Jangan sampai merasa berpuas diri karena tantangan dan tuntutan di era global begitu berat. Apalagi di era upaya pemulihan ekonomi selama dan pasca pandemi Covid-19.Karena itu, lanjut Wapres, mereka harus memahami tugas pokok dan fungsi struktur organisasi, pola pikir. Serta budaya kerja di lingkungan tempat penugasannya masing-masing.Wapres juga mengimbau, agar mereka dapat cepat beradaptasi, mampu berinovasi, dan berkreasi.Sehingga, dengan demikian, mereka dapat berkontribusi untuk kemajuan dan percepatan pelaksanaan tugas dengan mengedepankan produktivitas kerja.