Mobil Dinas Pemkot Tangerang Disulap Jadi Mobil Pengangkut Jenazah

Sebuah mobil pengangkut jenazah milik Pemkot Tangerang dioperasikan untuk membantu mengangkut jenazah pasien Covid-19. (Foto: Kusnaedi/ANTV)
Sebuah mobil pengangkut jenazah milik Pemkot Tangerang dioperasikan untuk membantu mengangkut jenazah pasien Covid-19. (Foto: Kusnaedi/ANTV) (Foto : )
Lonjakan angkatan kematian akibat Covid-19, Pemkot Tangerang mengalihfungsikan sejumlah mobil operasional menjadi mobil pengangkut jenazah.
Angka kematian pasien Covid-19 di Kota Tangerang, Banten, yang cukup tinggi, membuat sejumlah rumah sakit kekurangan fasilitas mobil pengangkut jenazah.Untuk menambah ketersediaan mobil pengangkut jenazah itu, Pemerintah Kota Tangerang kembali berinisiatif mengalihfungsikan mobil-mobil operasinalnya.Mobil yang dikonversikan menjadi mobil layanan pembawa jenazah pasien Covid-19 itu, adalah mobil operasional pelayanan milik Organisasi Perangkat Daerah.Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, alihfungsi mobil dinas itu untuk membantu mobilitas tim evakuasi jenazah khususnya pasien Covid-19.“ Mobil ambulansnya nih ngantri , itu yah kadang ada yang bersamaannya dan sebagainya. Maka kita akan optimalkan kendaraan-kendaraan kita  kendaraan Operasional Perangkat Daerah  yang tidak dimanfaatkan, ya  kita manfaatkan untuk mobil jenazah,” Jelas Arief. Jum’at ( 16/7) Siang.Ada tiga unit mobil operasional yang dialihfungsi menjadi mobil jenazah. Ketiga adalah satu unit dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), satu unit dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPSTP), dan satu unit lagi dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Tangerang."Untuk evakuasi jenazah ke TPU Selapajang baik Covid maupun non Covid. Jadi armadanya kami tambah supaya lebih cepat penanganan jenazahnya," Tambah Arief.Saat ini Pemkot Tangerang telah memiliki 9 mobil jenazah yang berada di bawah komando Dinas Perumahan dan Permukiman.Seluruh mobil operasional yang dialihfungsikan itu, akan disterilisasi jika sudah dipergunakan sehingga bisa dipergunakan kembali sebagai mobil pelayanan masyarakat.Kasus Covid-19 di Kota Tangerang tercatat masih terus mengalami penambahan.Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 941 kasus menjadi 15.182.Adapun jumlah pasien yang dirawat sebanyak 2.857, pasien sembuh tercatat mencapai 12.061 orang. Sementara itu, jumlah kematian akibat Covid-19 sebanyak 264 orang.
Kusnaedi | Tangerang