Indonesia Maritime Club Discussion Series #29, Topik: Peran Pelabuhan Hub Internasional untuk Pemulihan Sektor Logistik Nasional

Indonesia Maritime Club Discussion Series #29, Topik: Peran Pelabuhan Hub Internasional untuk Pemulihan Sektor Logistik Nasional (Foto Dok. Istimewa)
Indonesia Maritime Club Discussion Series #29, Topik: Peran Pelabuhan Hub Internasional untuk Pemulihan Sektor Logistik Nasional (Foto Dok. Istimewa) (Foto : )
Indonesia merupakan jalur lalu lintas laut internasional yang sangat strategis. Dari letak geografis yang menguntungkan tersebut, Indonesia memiliki tiga Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) yang menjadi lalu lintas bagi arus pelayaran internasional yang melewati perairan Indonesia.
Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, terdapat 40% atau 78 ribu triliun rupiah potensi barang perdagangan dunia yang melewati Indonesia. Namun potensi ini belum dimaksimalkan.myshipgo melalui IMC 29 akan membahas mengenai Hub Internasional dan perannya dalam pemulihan ekonomi nasional khususnya di sektor logistik, dengan judul:"Peran Pelabuhan Hub Internasional Untuk Pemulihan Sektor Logistik Nasional"Dengan para narasumber1: Akbar DjohanDirektur UtamaPT Krakatau Bandar Samudera (KBS)2: Teguh BasusetoKetua Bidang Angkutan Peti Kemas Luar NegeriDPP INSA3: SetijadiChairmanSupply Chain IndonesiaModerator:Alexander HasanAdvisor and Researcher of myshipgoHari / Tanggal: Sabtu, 26 Juni 2021Pukul : 10.00 - 12.00 WIB."Sektor maritim, kelautan dan logistik ini harus menjadi perhatian karena Indonesia negara kepulauan (17000 ++ pulau) yang 70% wilayahnya terdiri dari perairan. Myshipgo menggagas forum diskusi ini untuk dapat memberikan manfaat dan kontribusi berupa pemikiran, ide, terobosan, pencerahan, serta edukasi di sektor maritim,kelautan,logistik dan juga teknologi informasi/digitalisasi. Selain itu, myshipgo berharap dapat "merangkul" para stakeholders di sektor tersebut untuk berkolaborasi dan bersinergi untuk bangkit dari situasi pandemi covid 19 ini demi memajukan Indonesia," ujar Harlin E. Rahardjo, CEO dan Cofounder myshipgo"Pandemi Covid 19 telah berlangsung hampir 1.5 tahun dan menyebabkan terpukulnya ekonomi nasional. Perlu dilakukan terobosan-terobosan kreatif agar pemulihan ekenomi nasional bisa lebih cepat. Di sektor logistik, salah satu terobosannya dengan mengoptimalkan pelabuhan hub internasional mengingat posisi Indonesia sangat strategis dalam jalur perdagangan dunia.Untuk mewujudkan hal itu perlu kolaborasi yang baik antara pemerintah, pelaku usaha, dan asosiasi dan pihak-pihak lain yang terlibat, " tambah Harlin.
“Di IMC 29 ini myshipgo menghadirkan 3 narasumber yang sangat kompeten untuk berbicara tentang Pelabuhan Hub Internasional ini. Pak Setijadi akan berbicara hal-hal makro, pak Akbar akan memaparkan dari sisi bisnis dan operasi pelabuhan dan pak Teguh memperkaya dari sisi pelayaran, “ tambah Alexander Hasan, Researcher dan Advisor myshipgo, Moderator IMC 29 kali iniPendaftaran melalui link di bit.ly/myshipgo_imc29 atau WA di +62 819 056 049 99