Blitar Kembali Diguncang Gempa Susulan, Begini Penjelasan BMKG

Blitar Kembali Diguncang Gempa Susulan, Begini Penjelasan BMKG (Foto Twitter)
Blitar Kembali Diguncang Gempa Susulan, Begini Penjelasan BMKG (Foto Twitter) (Foto : )

Gempa susulan terjadi di Blitar, Jawa Timur dengan magnitudo 3,1 pada pukul 20.15 WIB, Jumat (21/5/2021I. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lokasi gempa masih berada di laut. Namun, koordinat lokasi gempa sedikit bergeser ke posisi 9,01 Lintang Selatan (LS) dan 112,31 Bujur Timur (BT).

Pusat gempa susulan ini berada di 98 km tenggara Kabupaten Blitar. "Kedalaman 50 km," demikian ketarangan BMKG Yogyakarta, seperti yang disampaikan di akun Twitter resminya. Sedangkan lokasi gempa awal pada pukul 19.09 WIB berada pada koordinat 8,63 LS dan 112,34 Bujur Timur BT. Pusat gempa berada di posisi 57 km tenggara Kabupaten Blitar dengan kedalaman 110 km.

Diketahui gempa awal itu tak hanya dirasakan di wilayah Kabupaten Blitar. Melainkan dirasakan di 31 Kabupaten/Kota dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI) yang berbeda-beda. Menurut data BMKG, Kabupaten Blitar merasakan gempa awal dengan skala V MMI, dimana kategorinya mencakup getaran yang dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, dan tiang-tiang serta barang besar tampak bergoyang.

Sementara skala IV MMI dirasakan di sejumlah wilayah seperti Karangkates, Sawahan, Nganjuk, Lumajang, Tulungagung, dan Malang. Kemudian untuk skala III MMI, gempa Blitar juga dirasakan di wilayah Banyuwangi, Pasuruan, Ponorogo, Mataram, Trenggalek, Pacitan, Bantul, Sleman, Kulonprogo, Kuta, Denpasar, Gianyar, Lombok Barat, Ngawi, dan Tabanan. Sementara untuk wilayah yang merasakan gempa Blitar di skala II MMI, antara lain dapat dirasakan yakni di Magelang, Cilacap, Pasuruan, Wonogiri, Klaten, Lombok Tengah, Surabaya, Purworejo, dan Karangasem.