Pemain Pelapis Timnas Basket, Jalani Latihan Shoot 100x Tiap Latihan

Pemain Pelapis Timnas Basket, Jalani Latihan Shoot 100x Tiap Latihan
Pemain Pelapis Timnas Basket, Jalani Latihan Shoot 100x Tiap Latihan (Foto : )
Lima pemain muda Timnas Basket yang saat ini mulai kembali menjalani pemusatan latihan, diwajibkan melakukan minimal shooting 100 kali setiap latihan, untuk meningkatkan akurasi tembakan.
Timnas Basket Indonesia proyeksi FIBA Asia Cup 2021 kembali ke lapangan GBK Arena Senayan, Jakarta pada 17 Mei 2021. Mereka sebelumnya diberikan   istirahat 
10 hari karena libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah. Asisten Pelatih Timnas Indonesia Wahyu Widayat Jati mengatakan, pemain yang ikut latihan masih sama seperti sebelum Lebaran. Mereka terdiri dari 5 pemain muda, diantaranya Ali Baghir, Yudha Saputera, Aldi Izzatur, Dame Diagne, dan Serigne Modou Kane.Kelima pemain muda ini dibebani materi latihan untuk meningkatkan skill, seperti yang diarahkan pelatih kepala Rajko Toroman asal Serbia."Materi latihan hingga akhir Mei ini adalah development skill dan pemahaman permainan sebagaimana yang diinginkan Coach Rajko (Toroman)," ungkap Coach Wahyu, dalam rilis pers yang diterima antvklik.Selama bulan Mei ini, latihan pada TC sendiri dilakukan hanya satu kali dalam sehari. Ada latihan khusus untuk mengasah skill Ali Baghir dan kawan-kawan ini.Para pemain diharuskan melakukan tembakan sebanyak 100 kali dalam setiap sesi latihan. Hal tersebut dimaksudkan agar akurasi pemain muda bisa disetarakan dengan para pemain senior Timnas Indonesia."Di dalam latihan juga mengasah fisik pemain selama 40 menit di awal. Kemudian 30 menit di akhir latihan diisi dengan materi shooting. Setiap latihan, per pemain wajib melakukan tembakan 100 kali," ujarnya.Pemusatan latihan Timnas Basket kali ini masih dihuni oleh para pemain muda. Sementara para pemain senior bagu akan bergabung pada bulan Juni 2021. Para pemain Senior masih memperkuat klub masing masing dalam babak play off IBL 2021."Lebih baik lagi jika pemain menambah porsi latihan menembak sendiri karena 100 kali tembakan setiap latihan itu masih kurang. Semua ini dilakukan untuk mengejar kemampuan para senior mereka yang nanti akan gabung latihan mulai Juni," tambah pria yang mengelola platform mainbasket ini.Lima pemain muda Timnas Indonesia ini memang disiapkan menjadi pelapis saat Piala Asia Cup 2021 nanti. Diharapkan mereka memiliki kemampuan yang setara dengan pemain inti.Dengan demikian para pemain muda ini bisa diandalkan saat Indonesia berjuang di FIBA Asia Cup 2021 Agustus 2021 nanti. Mereka juga diharapkan mampu menembus Timnas Basket senior yang disiapkan untuk kejuaraan dunia basket  FIBA World Cup 2023 mendatang.Saat ini, para pemain senior masih memperkuat klub masing-masing di IBL Pertamax 2021 hingga akhir Mei 2021. Pada pertengahan Juni nanti gabungan kekuatan pemain muda danpemain  senior ini akan diuji lebih dulu pada Kualifikasi Jendela III FIBA Asia Cup 2021 pada 16-20 Juni di Filipina.