Mantan Komandan Kapal Selam KRI Nanggala 402 Ditunjuk Jadi Panglima Koarmada II

Mantan Komandan KRI Nanggala 402 Ditunjuk Jadi Panglima Koarmada II
Mantan Komandan KRI Nanggala 402 Ditunjuk Jadi Panglima Koarmada II (Foto : )
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menunjuk mantan Komandan KRI Nanggala 402, Laksamana Muda (Laksda) TNI Iwan Isnurwanto, menjadi Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II. Laksda TNI Iwan menggantikan Laksda TNI I.N.G. Sudihartawan.
Nama Komandan Seskoal Laksamana Muda (Laksda) TNI Iwan Isnurwanto akhir-akhir ini ramai menjadi perbincangan di media masa. Musababnya, Laksda TNI Iwan Isnurwanto beberapa hari lalu telah menceritakan pengalamannya ketika dirinya mengalamai
black out waktu saat bertugas mengawaki KRI Nanggala 402 pad asekitar tahun 2000 silam.Kini, pria kelahiran Situbondo, 9 November 1965 itu dipercaya oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menempatai posisi barunya sebagai Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II menggantikan Laksda TNI I.N.G. Sudihartawan yang telah dimutasi oleh oleh Panglima TNI menjadi Askomlek KSAL. satu minggu pasca-insiden tenggelamnya KRI Nanggala 402 pada saat latihan menembakkan torpedo di wilayah perairan utara Bali.Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto menjelaskan, pergantian jabatan Panglima Koarmada II itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/350/IV/2021tanggal 26 April 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.Dalam surat keputusan Panglima TNI itu tidak hanya posisi Pangkoarmada II saja yang dimutasi, melainkan sebanyak 151 Perwira Tinggi (Pati) TNI dirotasi sesuai kebutuhan organisasi di lingkungan TNI."Telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 151 Perwira Tinggi (Pati) TNI terdiri dari 81 Pati TNI AD, 46 Pati TNI AL dan 24 Pati TNI AU," kata Edys Riyanto, dalam keterangan resminya, Kamis (29/4/2021).