Studi Terbaru AS Sebut Dua Vaksin Ini Sangat Efektif Tangkal Covid-19

vaksin Covid-19 Reuters lagi
vaksin Covid-19 Reuters lagi (Foto : )
Studi terbaru dari Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat, menunjukkan dua merek vaksin ini sangat efektif menangkal Covid-19.
CDC Amerika Serikat (AS) merilis data terbaru tentang efektifitas vaksin Covid-19, Senin (29/3/2021).Berdasarkan data itu, vaksin dengan teknologi mRNA yang dibuat Pfizer-BioNTech dan Moderna, sangat efektif menangkal Covid-19.Studi dilakukan terhadap hampir 4.000 petugas kesehatan, petugas pertolongan pertama, dan pekerja penting lainnya di enam negara bagian sepanjang 14 Desember 2020-13 Maret 2021.Hasilnya menunjukkan, risiko infeksi berkurang 80 persen setelah menerima satu dosis dan 90 persen setelah penyuntikan dua dosis.Direktur CDC Rochelle Walensky mengatakan, penelitian tersebut menunjukkan kedua vaksin bisa efektif tidak hanya pada infeksi simtomatik tetapi juga infeksi tanpa gejala.Ia menyebutnya sebagai hal yang sangat menggembirakan. Dikatakan pula, studi itu melengkapi studi terbaru lainnya di New England Journal of Medicine dan di tempat lainnya.
Meski demikian, Walensky mengakui kasus positif di AS kembali naik dalam sepekan terakhir.Saat ini, rata-rata kasus positif naik 10 persen menjadi 70 ribu orang per hari. Sedangkan pasien rawat inap meningkat lebih dari empat persen dan angka kematian hampir tiga persen.Walensky juga mengatakan, kondisi AS sama dengan Eropa yang beberapa pekan lalu mengalami gelombang baru pandemi Covid-19.Tercatat lebih dari 93 juta orang sudah mendapat suntikan pertama vaksinasi di negeri Paman Sam. Sedangkan yang sudah mendapat dua kali suntikan vaksin sebanyak 51 juta orang. VOA Indonesia