Dirut Pertamina Soal Kilang Balongan: Api Telah Dapat Dilokalisir

nicke pertamina foto viva
nicke pertamina foto viva (Foto : )
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, api yang melalap Kilang Balongan, telah dapat dilokalisir. Stok BBM juga dipastikan aman.
Dalam konferensi pers secara virtual, Senin (29/3/2021), Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, penyebab kebakaran Kilang Balongan, di Indramayu, Jawa Barat, belum dapat dipastikan.Menurutnya, fokus mereka saat ini adalah menyelesaikan kondisi darurat di lapangan."Pertamina mengerahkan seluruh daya upaya untuk mengatasi
offensive fire handling ," katanya.Dikatakan, kondisi terkini, kobaran api yang melalap tangki di kilang itu telah dapat dilokalisir.Selain itu, petugas juga melakukan pendinginan di area sekitar agar kobaran api tidak menyebar.Tercatat ada 10 unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan dari Pertamina dan pemerintah daerah.Soal penanganan korban luka, kata Nicke, sebagian besar korban sudah kembali ke rumah masing-masing. Namun masih ada lima orang yang menjalani perawatan di rumah sakit.Soal stok dan pasokan BBM, Nicke mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir karena masih aman."Dengan kejadian ini maka kami memastikan pasokan BBM aman. Dalam pola suplai ini, kami melakukan skenario dalam kondisi emergency sekali pun. Jadi kami mengoptimalkan produk dari kilang-kilang lain, ke daerah-daerah yang selama ini dipasok dari Kilang Balongan," katanya.Menurutnya, selama ini Kilang Balongan memasok kebutuhan BBM untuk Jakarta dan Cikampek."Kilang yang utama dalam kilang ini tidak terdampak. Kebakaran ini hanya terdapat di tangki saja. Kami berharap kilang dapat dioperasikan kembali, sehingga tidak ada kendala pasokan suplai," katanya lagi.