Terungkap, Primata yang Divaksin Corona di AS Adalah Orangutan Asal Indonesia

Terungkap, Primata yang Divaksin Corona di AS Adalah Orangutan Asal Indonesia (Foto Dok. San Diego Zoo Centennial)
Terungkap, Primata yang Divaksin Corona di AS Adalah Orangutan Asal Indonesia (Foto Dok. San Diego Zoo Centennial) (Foto : )
Orangutan berjenis kelamin perempuan berusia 28 tahun dari Sumatera yang diadopsi oleh Kebun Binatang San Diego, Amerika Serikat menjadi salah satu primata yang mendapat vaksin Covid-19.
Seperti dilansir Reuters, Juru bicara Kebun Binatang San Diego, Darla Davis mengatakan, Karen langsung mendapat dua dosis vaksin."Vaksin itu sebenarnya dibuat untuk kucing dan anjing, namun kera tidak memperlihatkan reaksi apa-apa dari hasil uji coba,” kata Darla, Jumat (5/3/2021).Orangutan dan simpanse dipilih menjalani vaksinasi karena termasuk yang paling rentan terpapar virus Covid-19 di kebun binatang.Staf di kebun bintang mulai memvaksinasi hewan di kebun binatang sejak Januari lalu dan terus berlanjut ke Februari dan Maret.Vaksin yang diberikan pada orangutan dari perusahaan farmasi Zoetis disebut mirip dengan vaksin Novavax Covid-19 untuk manusia.Namun, yang membedakan adalah kandungan proteinnya yang sudah dimodifikasi. Tujuannya, untuk memicu antibodi primata.Awalnya, Zoetis hanya mengembangkan vaksin untuk anjing dan kucing. Vaksin ini masih bersifat eksperimental dan belum secara resmi disetujui pemerintah AS untuk digunakan dengan luas.Sekarang, perizinan vaksin dari Zoetis masih dalam tahap perbincangan dengan Departemen Pertanian AS.Setelah berjalannya eksperimen ini, juru bicara Zoetis Christina Lood menyatakan pihaknya mendapat banyak permintaan vaksin Covid-19 untuk primata di berbagai kebun binatang Amerika Serikat. Karena itu, ia berharap bisa menyediakan lebih banyak vaksin bulan Juni mendatang.Orangutan bernama Karen itu sendiri sempat menjadi pemberitaan media internasional ketika menjalani operasi jantung pada 1994. Ia menjadi hewan jenis kera pertama yang melakukan operasi tersebut.