Data CDC Amerika: Pakai Masker Ganda Tangkal Partikel Hingga 92,5 Persen

bandara as
bandara as (Foto : )

Berdasarkan data baru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, pemakaian masker ganda dapat menangkal partikel hingga 92,5 persen.

Para peneliti mengungkapkan data bahwa melapisi masker kain di atas masker medis, dapat menangkal 92,5 persen partikel.

""Data eksperimen ini memperkuat pedoman CDC sebelumnya bahwa setiap orang yang berusia 2 tahun atau lebih harus memakai masker saat berada di depan umum dan di sekitar orang lain di rumah yang tidak tinggal bersama Anda," kata Direktur CDC,  Rochelle Walensky.

Kita melanjutkan rekomendasi bahwa penggunaan masker seharusnya dua lapis atau lebih, menutup penuh hidung dan mulut anda. Dan pas di hidung dan sisi wajah Anda," kata Walensky.

Masker medis seperti masker bedah biru yang biasa  memang terlihat tidak pas di wajah dan membuat celah. Akibatnya udara yang tidak difilter dapat keluar.

Masker kain yang pas dapat berfungsi sebagai penjepit dan mengamankan masker medis yang longgar di tempatnya.

Ini meningkatkan perlindungan dengan mencegah kebocoran udara dan partikel yang tidak difilter, melindungi pemakainya dan orang-orang di sekitarnya dengan lebih baik.

Pada awal Januari 2021, CDC telah menguji dua modifikasi sederhana untuk meningkatkan kinerja masker yang biasa digunakan dengan menggunakan metode penutup ganda dan simpul.

Hasil uji menunjukkan bahwa keberadaan simpul dapat meningkatan kemampuan masker medis dan mengurangi celah di kedua sisi wajah.

"Saya ingin memperjelas bahwa data ilmiah baru yang dirilis hari ini tidak mengubah rekomendasi spesifik tentang siapa yang harus memakai masker, atau kapan mereka harus mengenakannya. Namun data tersebut memberikan informasi baru tentang mengapa memakai masker yang pas sangat penting. untuk melindungi Anda dan orang lain, "kata Walensky.

"Berdasarkan informasi baru ini, CDC memperbarui informasi masker untuk publik di situs web CDC untuk memberikan opsi baru tentang cara meningkatkan kesesuaian masker," katanya lagi.

CNN