Penampakan Banjir Merendam Warga Kebon Pala, Jakarta Akibat Ciliwung Meluap

Penampakan Banjir Merendam Warga Kebon Pala, Jakarta Akibat Ciliwung Meluap (Foto Istimewa via RRI)
Penampakan Banjir Merendam Warga Kebon Pala, Jakarta Akibat Ciliwung Meluap (Foto Istimewa via RRI) (Foto : )
Pemukiman di kawasan Kebon Pala, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, dikabarkan terendam banjir hingga satu meter.
Banjir diduga kuat sebagai air kiriman yang akhirnya membuat Sungai Ciliwung meluap, Minggu (7/2/2021)."Banjir di sini dari Kali Ciliwung. Ketinggian 130 sentimeter sore ini," kata Petugas Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Minggu (7/2/2021), seperti dikutip dari rri.co.id.Sejumlah petugas gabungan telah disiagakan di lokasi banjir, dari BPBD DKI sampai petugas dari Polairud berada di sana untuk mengevakuasi korban menggunakan perahu karet. Korban banjir yang dievakuasi mayoritas anak-anak dan lanjut usia.Para pengungsi dibawa menuju Aula kantor kelurahan dan sekolah di sekitar wilayah tersebut, yang masih aman dari terjangan banjir.Petugas BPBD DKI Jakarta, Yodi, mengutarakan, banjir di Kebon Pala terjadi akibat luapan Kali Ciliwung yang merupakan air kiriman dari Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat.[caption id="attachment_434788" align="aligncenter" width="900"]
Penampakan Banjir Merendam Warga Kebon Pala, Jakarta Akibat Ciliwung Meluap (Foto Dok. Istimewa) Penampakan Banjir Merendam Warga Kebon Pala, Jakarta Akibat Ciliwung Meluap (Foto Dok. Istimewa)[/caption]Sementara itu menurut warga bernama Sanusi, luapan air kali Ciliwung mulai naik ke permukiman pada pukul 09.00 WIB."Masuk ke rumah itu tadi siang jam 12," ujarnya di lokasi, Minggu (7/2/2021).Meski rumah warga terendam banjir, namun mayoritas warga belum memutuskan untuk mengungsi."Ini cuma air kiriman aja beberapa jam lagi biasanya juga udah surut," katanya."Kan udah terbiasa jadi kalau air belum sampai naik ke lantai dua kita masih tetep bertahan," pungkasnya.