Meskipun Piala Dunia U-20 Batal, Ini yang Dilakukan Timnas U-19 di Spanyol

Meskipun Piala Dunia U-20 Batal, Ini yang Dilakukan Kepada Timnas U-19 di Spanyol
Meskipun Piala Dunia U-20 Batal, Ini yang Dilakukan Kepada Timnas U-19 di Spanyol (Foto : )
Setelah menempuh perjalanan panjang selama 18 jam dari Jakarta sampai Barcelona, Spanyol, seluruh skuad Timnas U-19 hanya melakukan pemulihan kondisi di latihan perdananya.
Tim Nasional Indonesia U-19 telah menjalani latihan perdana di Spanyol pada Senin (28/12/2020). Latihan tersebut dilakukan pada siang hari waktu setempat, digelar di Stadion Campo Futbol Roda de Bara, Tarragona.Meskipun FIFA memutuskan untuk membatalkan Piala Dunia U-21, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meminta kepada pasukan Indra Sjafri untuk tetap bersemangat berlatih."Selama di Spanyol, kami terus memantau perkembangan pemain timnas U-19 dan berkomunikasi dengan Direktur Teknik PSSI (Indra Sjafri) untuk diteruskan kepada pemain dan ofisial agar terus bersemangat menjalani TC disana.""Masih ada turnamen Piala AFC U-19 nanti bulan Maret, untuk itu pemain harus bekerja keras demi hasil terbaik," kata Iriawan, seperti yang diberitakan via laman resmi
pssi.org. FIFA memutuskan untuk menunda Piala DUnia U-20 yang semula akan diadakan pada tahun 2021, mundur ke 2023.Hal itu memaksa Indonesia harus menggeser persiapannya tiga tahun kedepan. Para pemain muda yang saat ini sudah bersiap menghadapi ajang sepak bola terbesar di dunia itupun kena imbasnya karena sudah dipastikan tidak bakal tampil karena persoalan umur.Adapun batas bawah usia untuk bermain di Piala Dunia U-20 adalah 16 tahun pada akhir kompetisi tersebut dimainkan. Mereka adalah Witan Sulaeman, Amiruddin Bagus Kahfi, Brylan Aldama, dan Elkan Baggot.Maka dari itu, PSSI berjanji kalau TC Spanyol kali ini akan sangat bermanfaat untuk menjadi modal para pemain untuk di masa depan."PSSI tetap berkomitmen terhadap timnas U-19. Meskipun Piala Dunia U-20 diundur ke tahun 2023, pemain ini adalah cikal bakal timnas U-23 maupun timnas senior nantinya," tambah Iriawan.Sementara itu latihan perdana di Spanyol hanya dilakukan untuk mengembalikan kondisi tubuh terlebih dulu. Apalagi, David Maulana cs harus beradaptasi dengan suhu dingin Spanyol."Kami memberikan menu ringan pada latihan perdana ini. Latihan selama 90 menit dengan variasi menu," kata Asisten Pelatih Timnas U-19 Nova Arianto.TC Garuda Nusantara di Spanyol saat ini di alih proyeksikan untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang berlangsung pada Maret 2021 mendatang di Uzbekistan.Indonesia sendiri sudah berada di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja dan Iran.