Disudutkan Soal Benih Lobster, Susi Melawan, Bidik Hashim dan Effendi Gazali

susi pudjiastuti3
susi pudjiastuti3 (Foto : )
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memilih bungkam ketika Edhy Prabowo ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun ia baru angkat bicara ada yang menyudutkannya soal kebijakan benih lobster. 
KPK menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan (KP)  Edhy Prabowo sepulangnya dari Amerika Serikat, Rabu (25/11/2020) dini hari. Ia diciduk karena disangka terlibat kasus suap ekspor benih lobster.Begitu kabar penangkapan ini beredar luas, mantan menteri KP Susi Pudjiastuti memilih bungkam. Ia tidak mau berkomentar sedikit pun tentang kasus yang membelit Edhy, baik kepada wartawan, maupun lewat media sosial.Padahal publik menanti reaksi Susi karena semasa menjabat sebagai menteri, dialah yang tegas melarang ekspor benih lobster. Keran ekspor kembali dibuka sejak Edhy Prabowo menduduki kursi menteri.Rupanya Susi gerah juga dengan adanya pernyataan yang menyudutkan dirinya terkait benih lobster."Sebaiknya seorang Profesor yang artinya Guru Besar dan Seorang YouTuber/ 
podcast  yang begitu dikenal jangan sesekali ngoceh untuk konsumsi publik, pernyataan-pernyataan bohong alias Hoaks urusannya adalah kredibility saudara sendiri dan Hukum," cuit Susi.Pernyataan Susi merespon video diskusi Deddy Corbuzier dengan Ketua Komisi Pemangku Kepentingan dan Konsultasi Publik KKP, Effendi Gazali.Saat itu Effendi menyebut bahwa di era kepemimpinan Susi yaitu tahun 2019 tidak ada penangkapan kapal penyelundup lobster."Saya itu pengagum Bu Susi, ketika misalnya menenggelamkan kapal-kapal asing itu yang melanggar kedaulatan Indonesia, merugikan nelayan kita," kata Effendi."Tapi saya itu merindukan juga, pada waktu itu ada satu kali saja, jadi kapal yang menyelundupkan lobster itu gitu ya, dengan koordinasi pada intelijen dan aparat-aparat hukum kita, bisa juga disergap di laut misalnya. Nah itu saya belum pernah dengar itu juga," katanya lagi.Terakhir, Susi juga merespon pernyataan Hashim Djojohadikusumo, politisi Partai Gerindra, yang juga  adik Menteri Pertahanan Prabowo Subianto,"Tuan Hasyim yth, Mohon info nama, alamat nelayan yg ditangkap oleh Susi? Saya tunggu jawaban Anda," cuit Susi.Dalam konferensi pers Jumat (4/12/2020) kemarin, Hashim menyebut kebijakan Susi Pudjiastuti yang melarang budidaya lobster pada masanya adalah kekeliruan.Bahkan menurutnya, banyak nelayan yang membudidaya lobster ditangkap akibat kebijakan Susi.Seperti dilansir Antara, Hashim juga mengaku pernah memberikan saran kepada Menteri KP Edhy Prabowo yang juga politisi Partai Gerindra, untuk membuka izin ekspor benih lobster sebanyak-banyaknya.