Translokasi Orangutan dari Kebun Permukiman Warga

Translokasi Orangutan dari Kebun Permukiman Warga
Translokasi Orangutan dari Kebun Permukiman Warga (Foto : )
Orangutan jantan dewasa ditembak bius oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam ‘BKSDA’ Kalimantan Barat. Orangutan ini muncul di kebun warga Desa Tempurukan, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang. Orangutan ini kemudian dipindahkan ke Hutan Sentap Kancang.
BKSDA Seksi Konservasi Wilayah I Ketapang dan IAR Indonesia melakukan translokasi seekor orangutan jantan dewasa dari kebun milik warga di Desa Tempurukan ke Hutan Sentap Kancang.Translokasi orangutan dilakukan  dengan cara pembiusan menggunakan senjata khusus karena posisi orang utan berada di atas pohon yang tinggi. Dalam video milik IAR Indonesia, tim gabungan melumpuhkan orangutan menggunakan obat bius.[caption id="attachment_383599" align="alignnone" width="900"]
Translokasi Orangutan dari Kebun Permukiman Warga Foto: IAR Indonesia[/caption]Dokter hewan dari IAR Indonesia drh. Andini menerangkan orangutan ini diperkirakan berusia sekitar 15 hingga 20 tahun. Pemeriksaan fisik, orangutan ini dalam kondisi baik dan tidak ditemukan adanya kelainan atau bekas luka di badannya.

Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia atau lebih dikenal International Animal Rescue Indonesia adalah lembaga nirlaba lingkungan hidup yang sah ditandai dengan nota kesepahaman bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Yayasan IAR Indonesia adalah organisasi yang bergerak di bidang pelestarian primata Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar.

IAR Indonesia berkomitmen memberikan perlindungan terhadap primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.