Takut Disuntik? Tenang, Lagi Uji Coba Vaksin Covid-19 Tanpa Jarum Suntik

vaksin tanpa jarum suntk pharmajet
vaksin tanpa jarum suntk pharmajet (Foto : )
Berbagai vaksin Covid-19 yang sedang uji klinis di dunia menggunakan metode suntik. Namun di Australia lagi diuji coba vaksin Covid-19 tanpa menggunakan jarum suntik.
Masih banyak orang yang takut disuntik. Sementara berbagai kandidat vaksin Covid-19 di dunia yang sedang uji klinis, umumnya menggunakan metode suntikan.Karena itu sejumlah pakar kesehatan Australia, mengembangkan vaksinasi Covid-19 tanpa menggunakan jarum suntik.Caranya adalah membuat alat vaksin yang dapat menginjeksi tubuh dengan menggunakan udara jet. Alatnya diberi nama PharmaJet."Kamu merasakan udara jet setipis helai reambut akan menembus masuk ke dalam kulit," kata Ginni Mansberg, seorang pakar medis setempat.Ginni menambahkan, dengan vaksinasi tanpa jarum akan mencegah luka akibat suntikan yang dilakukan oleh petugas medis.Sementara vaksin Covid-19 yang digunakan dalam uji coba, dikembangkan oleh para pakar dari Sydney University,  dengan berbasis DNA.
Sebanyak 50 orang telah masuk dalam daftar uji coba vaksinasi Covid-19 tanpa jarum suntik. Pemerintah sendiri telah menganggarkan dana hingga 3 juta dollar Australia atau setara Rp31,8 miliar. India Times