30 Pemain Terpilih Mengikuti TC Timnas U-19 di Kroasia

30 Pemain Timnas U-19 Lanjut TC ke Kroasia Supriyadi Persebaya
30 Pemain Timnas U-19 Lanjut TC ke Kroasia Supriyadi Persebaya (Foto : )
30 pemain terpilih mengikuti TC Timnas U-19 di Kroasia. Semua pemain merupakan pilihan langsung dari Manajer Tim Shin Tae-yong tanpa ada campur tangan dari Pengurus PSSI.
Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi Jawa Barat semakin mendekati fase akhir. Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan jajaran pelatih Timnas U-19 harus bekerja keras untuk memilih pemain terbaik yang akan dibawa ke pemusatan latihan lanjutan di Kroasia akhir Agustus 2020.Shin Tae-yong dan tim harus menyeleksi 35 pemain yang saat ini mengikuti pemusatan latihan lanjutan sejak 20 Agustus 2020. Shin harus memangkas 5 pemain lagi untuk membawa 30 pemain ke TC Timnas U-19 lanjutan di Kroasia. Sementara TC Timnas U-19 di Jakarta direncanakan akan berakhir akhir bulan Agustus 2020.Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memastikan bahwa 30 pemain pilihan Manajer Pelatih Shin Tae-yong dan jajaran pelatih Timnas U-19 akan dibawa ke pemusatan latihan (TC) di Kroasia pada akhir Agustus mendatang. Hal ini ditegaskan oleh Mochamad Iriawan setelah ia mendapat laporan dan update dari Manajer pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong.“Sebanyak 30 pemain telah dipilih pelatih Shin Tae-yong untuk diberangkatkan ke Kroasia. Ia (Shin Tae-yong) juga memberikan laporan bahwa saat ini pemain mengalami perkembangan yang bagus dan grafik meningkat selama pemusatan latihan,” kata Iriawan.Pada TC lanjutan di Kroasia nanti, skuat Garuda Muda juga akan mengikuti sebuah turnamen International U-19 Friendly Tournament yang diikuti tuan rumah Kroasia, Bulgaria, dan Arab Saudi. Turnamen persahabatan ini akan diselenggarakan di Kroasia pada tanggal 2-8 September 2020.Alasan PSSI memilih Kroasia karena negara ini memiliki Tim nasional salah satu tim terbaik di dunia. Saat ini Kroasia menduduki peringkat enam FIFA. Selain itu, pemain Timnas U-19 tidak harus menjalani karantina karena selama TC di Jakarta sudah menjalani Protokol kesehatan yang sangat ketat.Pertimbangan lainnya adalah suhu di negara Kroasia berkisar 19-23 derajat celcius atau hampir sama dengan suhu di negara Uzbekistan, yakni sekitar 19-25 derajat celcius. Sperti diketahui putaran final Piala Asia U-19 akan diselenggarakan di Uzbekhistan dari 14 hingga 30 Oktober 2020.[caption id="attachment_366203" align="alignnone" width="900"]
30 pemain Timnas U-19 TC ke Kroasia Manajer Pelatih Timnas Shin Tae-yong kembali menyeleksi pemain dari 35 orang menjadi 30 pemain untuk dibawa ke pemusatan lanjutan di Kroasia mulai akhir Agustus 2020. (Foto : PSSI)[/caption]Ketum PSSI yang akrab dipanggil Iwan Bule ini juga menegaskan ke 30 pemain yang lolos seleksi akhir TC Timnas di Jakarta murni pilihan langsung Shin Tae-yong.  PSSI tidak ada campur tangan atau intervensi baik dari Exco PSSI atau pun pihak-pihak lain.Menurut rencana Muhammad Supriyadi dan kawan kawan akan menjalani TC di Kroasia dari September hingga minggu pertama bulan Oktober 2020. Setelah itu Shin Tae-yong akan membawa Garuda Muda terbang ke mUzbekhistan untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang dimulai pada 14 Oktober 2020.“TC di Kroasia ini, kami harap bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemain. Mereka harus bekerja keras dan terus bersemangat demi torehan positif di Piala AFC U-19 dan tentunya Piala Dunia U-20. PSSI selalu mendukung program dari pelatih Shin Tae-yong untuk timnas,“ tambah Iwan Bule.Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mendapat tugas utama untuk membangun Timnas U-20 yang disiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20 tahun depan yang akan berlangsung di Indonesia.Timnas U-19 yang saat ini menjalani pemusatan latihan di Jakarta dan akan melanjutkan TC di Kroasia merupakan cikal bakal Timnas U-20 yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.