Ibadah Haji 2020 Telah Selesai, Jamaah Kembali Jalani Pemeriksaan Medis

kabah reuters
kabah reuters (Foto : )
Pelaksanaan ibadah haji 2020 telah selesai. Para jamaah akan kembali menjalani pemeriksaan medis pasca melakukan tawaf wada atau tawaf perpisahan.
Sebanyak seribu jamaah haji telah kembali ke Masjidil Haram di Makkah untuk melakukan tawaf wada setelah melempar jumrah di Mina, Minggu (3/8/2020).Dengan selesainya tawaf wada maka berakhirlah rangkaian ibadah haji tahun ini yang digelar terbatas di tengah pandemi Covid-19.Pemerintah Saudi memastikan, hingga hari kelima penyelenggaraan ibadah haji tidak ada jamaah yang terjangkit virus corona.Meski demikian menurut Wakil Menteri Haji dan Umrah Saudi, Abdulfattah bin Sulaiman Mashat, para jamaah tetap menjalani pemeriksaan medis kembali. Setelah itu para jamaah akan melakukan isolasi mandiri
"Ada rincian tahapan bagi setiap jamaah. Fokus utamanya adalah bagaimana menerapkan tindakan pencegahan medis secara efektif," kata Mashat."Dengan melakukan berbagai langkah pencegahan dan upaya besar ini, Kerajaan Saudi mengirim pesan bahwa kesehatan manusia adalah menjadi prioritas utama," katanya lagi.Sebelumnya, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO Tedros Adhanom Ghebreys mengucapkan selamat atas keberhasilan Pemerintah Arab Saudi dalam menggelar ibadah haji yang aman selama pandemi Covid-19.
Tedros menyebut langkah yang dilakukan Saudi selama pelaksanaan ibadah haji dapat menjadi contoh bagi negara lain yang ingin kembali hidup normal dengan beradaptasi dengan pandemi ini
Pemerintah Saudi telah menerapkan pembatasan jamaah dan penerapan protokol kesehatan yang ketat selama pelaksanaan ibadah haji tahun ini.
Jumlah jamaah dibatasi hanya seribu orang saja yang selama ini tinggal di Arab Saudi. Sebelum mengikuti ibadah haji, masing-masing jamaah harus mengikuti karantina selama 2 minggu.
Arab News