Terkuak Ratusan Bakteri Menempel di Uang yang Beredar, Ahli: Rajin Cuci Tangan!

money-2519066_960_720 Alexas_Fotos
money-2519066_960_720 Alexas_Fotos (Foto : )
Penelitian mengungkap ada ratusan bakteri menempel pada uang yang beredar, para ahli menyarankan harus rajin mencuci tangan, apalagi ditengah pandemi ini.
Saat pandemi Covid-19 sekarang, virus dan kuman bisa bersumber darimana saja, termasuk pada permukaan uang kertas dan logam. Sebuah penelitian menemukan ada ratusan bakteri yang terdapat pada uang yang beredar.Oleh karena itu para ahli kesehatan menyarankan di tengah pandemi sekarang ini agar transaksi keuangan bisa dilakukan tidak secara tunai.Seperti dilansir dari
Medical Daily , sebuah studi tahun 2017 meneliti seberapa kotor permukaan uang. Mereka meneliti uang kertas 1 Dolar yang diperoleh di musim dingin dan musim panas 2013 dari bank Manhattan, Amerika Serikat (AS)Hasilnya mencengangkan para peneliti, ditemukan sebanyak 397 spesies bakteri, yang sebagian besar berasal dari kulit manusia dan Staphylococcus Epidermis. Tentu saja virus corona bisa bertahan sebentar juga, sebab Dolar AS adalah uang dari linen dan kapas.Menanggapi temuan ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika menyertakan dalam pedoman pencegahan Covid-19 supaya orang-orang selalu memilih transaksi rutin yang tidak melibatkan interaksi fisik, seperti menggunakan layanan perbankan drive-through, mengakses aplikasi mobile banking dan menggunakan mesin teller otomatis.Jika dalam situasi tertentu harus mengunjungi bank, CDC menyatakan bahwa kita harus tetap mengenakan kain penutup wajah, menerapkan jarak fisik di dalam bank dan menggunakan pembersih tangan setelah menyentuh benda-benda di dalam bank atau mesin ATM.Bank juga disarankan untuk menerapkan langkah-langkah keselamatan yang akan membantu mencegah kemungkinanpenyebaran Covid-19. Pegawai bank juga harus mengenakan masker wajah dan mematuhi jarak fisik. Penggunaan pembatas tembus pandang antara pegawai dan nasabah juga diterapkan.Namun pada akhirnya, yang paing utama untuk dilakukan adalah selalu mencuci tangan setelah meninggalkan bank. Sebab menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tangan adalah "jalur utama penyebaran kuman."Kebersihan tangan adalah cara paling ampuh yang dapat diterapkan setiap orang untuk mencegah penularan kuman seperti virus corona Covid-19.Sabun dan air adalah cara yang sangat direkomendasikan, tetapi hand sanitizer dengan kandungan alkohol pun diperbolehkan di saat darurat.