Studi Baru, Covid-19 Diduga Sudah Merebak di Wuhan Lebih Dini dari Dilaporkan

(Foto : )
Hasil studi periset Amerika Serikat (AS) menyebut virus corona atau Covid-19 diduga sudah merebak di Wuhan lebih dini dari dilaporkan. 
Hasil riset terbaru ini menggunakan citra satelit oleh para ilmuwan di Pusat Kedokteran Harvard, Fakultas Kesehatan Masyarakat Boston University dan Rumah Sakit Anak-Anak Boston, AS.Dalam pantauan citra satelit di tempat parkir rumah-rumah sakit di kota Wuhan, China, menunjukkan “peningkatan tajam” lalu lintas mulai Agustus 2019 dan memuncak pada Desember.Pada Desember itulah Beijing pertama kali memberitahu Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengenai penyakit baru yang kini disebut Covid-19.Citra satelit tersebut mengungkapkan bahwa di salah satu rumah sakit yang disurvei adalah Rumah Sakit Tianyou. Di sana ada 285 kendaraan di tempat parkirnya pada Oktober 2019. Bandingkan dengan tahun lalu yang mencatat 171 kendaraan atau melonjak 67 persen.
Studi itu juga menyatakan kenaikan lalu lintas di rumah sakit pada masa itu bersamaan waktunya dengan banyaknya pencarian di internet kata-kata “batuk” dan “diare” di mesin pencari China, Baidu.Virus corona diduga berasal dari sebuah pasar di Wuhan pada akhir Desember 2019.Para ilmuwan menyebut, meski belum dapat dikonfirmasi apakah kenaikan lalu lintas di rumah sakit terkait langsung dengan Covid-19.Namun bukti mereka mendukung studi lainnya baru-baru ini yang memperlihatkan bahwa kenaikan itu terjadi sebelum diidentifikasinya (asal penyakit) di pasar makanan laut Huanan. VOA Indonesia