Istimewanya Malam Lailatul Qadar, Dicatatnya Takdir Tahunan Seseorang

ramadan-ilustrasi:mohamed_hassan
ramadan-ilustrasi:mohamed_hassan (Foto : )
Keistimewaan malam lailatul qadar adalah malam dicatatnya takdir tahunan seseorang yang berhubungan dengan segala kehidupannya.
Ramadan tak hanya istimewa karena limpahan berkah yang dimilikinya. Namun Ramadan juga merupakan bulan yang teristimewakan karena banyak peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di dalamnya. Salah satunya yaitu lailatul qadar.Malam lailatul qadar atau malam 1000 bulan adalah malam yang dirindukan dan sangat diharapkan umat muslim di bulan Ramadan.Siapa yang merasakannya niscaya akan mendapat ganjaran pahala seperti salat selama 1000 bulan.Malam lailatur qadar dipercaya hanya ada di 10 malam terakhir Ramadan dan disebut-sebut jatuh pada setiap tanggal ganjil Ramadan.Apa itu lailatul qadar? Mengapa ia begitu istimewa?Melansir laman
Harakah , lailatul qadar bisa disebut sebagai icon khas bulan Ramadan karena kita tidak akan menemuinya selain pada bulan ini. Lailatul qadar juga disebut-sebut sebagai salah satu malam yang kebaikannya melebihi malam seribu bulan.Dalam firman-Nya, Allah Swt menjelaskan,وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ . لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍDan tahukah kamu apakah Lailatul qadar itu? Lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan. (QS. al-Qadar : 2-3)Imam al-Thabari dalam tafsirnya menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan ‘lebih baik dari seribu bulan’ adalah segala amalan, puasa, qiyam (salat malam) yang dilakukan pada malam ini lebih baik daripada amalan yang dilakukan selama seribu bulan.Pada malam ini, al-Qur’an diturunkan ke langit dunia. Selain itu, malaikat-malaikat juga turun dengan membawa keberkahan. Orang yang mau meramaikan malam tersebut dengan ibadah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.Lailatul qadar juga merupakan malam dicatatnya takdir tahunan seseorang, yaitu segala perkara yang berhubungan dengan kehidupan makhluk seperti: hidup, mati, rezeki, untung baik, untung buruk dan sebagainya.Demikianlah istimewanya lailatul qadar yang hanya bisa kita temui di bulan Ramadan. Oleh karena itu para ulama sering menyeru untuk gencar beribadah dan berharap akan mendapatkan malam nan mulia ini, terlebih di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan.Hal ini tak lain agar kita bisa meraup manisnya malam yang penuh dengan keberkahan ini.