Negara Berpopulasi 12 Juta Jiwa Ini Hanya Punya 4 Ventilator

ventilator reuters
ventilator reuters (Foto : )
Di saat dunia sedang berjuang menghadapi pandemi corona, negara berpopulasi 12 juta jiwa ini hanya punya empat ventilator. Kekurangan ventilator sudah menjadi masalah hampir setiap negara saat menghadapi pandemi corona. Namun di beberapa negara, ketersediaan ventilator begitu minim.
Padahal alat ini  sangat penting untuk membantu pernafasan pasien Covid-19 yang sedang kritis.
Seperti data yang dilansir International Rescue Committee (IRC). Disebutkan, Sudan Selatan yang berpenduduk 12 juta jiwa, hanya memiliki 4 ventilator dan 24 tempat tidur ICU (Intensive Care Unit). Ini berarti setiap 1 ventilator diperuntukkan bagi 3 juta jiwa.
Kondisi serupa juga ditemukan di sejumlah negara Afrika lainnya. Seperti Burkina Faso yang hanya memiliki 11 ventilator, Sierra Leone 13 ventilator dan Republik Afrika Tengah yang memiliki 3 ventilator.
Sementara di Venezuela, yang memiliki penduduk 32 juta jiwa, hanya memiliki 84 tempat tidur ICU. Selain itu, 90 persen rumah sakit di negara yang terletak di kawasan Amerika Selatan tersebut, juga kekurangan obat-obatan.
"Kita melihat bagaimana pandemi ini membuat  kewalahan di negara-negara dengan sistem kesehatan yang relatif maju," kata Elinos Raikes, Wakil Presiden IRC.