Mendagri Tito Karnavian Perintahkan Eselon 1 Turun Langsung Ke Daerah

Mendagri Tito Karnavian Perintahkan Eselon 1 Turun Langsung Ke Daerah (Foto Puspen Kemendagri)
Mendagri Tito Karnavian Perintahkan Eselon 1 Turun Langsung Ke Daerah (Foto Puspen Kemendagri) (Foto : )
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta pegawa eslon 1 di Kemendagri untuk turun langsung ke daerah untuk mempercepat pengelolaan dana desa, karena untuk tahun anggaran 2020 meningkat secara signifikan menjadi Rp72 triliun dari yang sebelumnya di tahun 2019 hanya Rp70 triliun.
Untuk tahun 2020 skema transfer dilakukan langsung dari Kas Umum Negara “langsung” ke rekening pemerintah desa, tanpa melewati jenjang kabupaten ataupun kota seperti tahun-tahun sebelumnya.
“Kita sepakat dengan Menkeu dan Mendes agar tahun 2020 ini dana desa langsung di transfer ke rekening desa. Ini untuk menjamin kecepatan dan akurasi dana desa yang diterima oleh Pemerintah Desa” ujar Mendagri Tito di  Kantor Kemendagri, Jakarta. Senin (17/02/2020). Dana desa ini sangat penting secepatnya untuk tiba dan dikelola langsung oleh desa, sesuai mekanisme yang ada, untuk memperkuat ketahanan ekonomi desa, ungkap Mendagri Tito.Saat ini Indonesia menghadapi tantangan perlambatan ekonomi akibat tekanan global dan juga akibat dampak penyebaran virus corona di Tiongkok.Penyebaran virus corona telah memicu perlambatan ekonomi di Tiongkok yang merupakan mesin ekonomi dunia. Dampaknya sangat terasa di berbagai dunia, utamanya ke Indonesia.Arus ekspor dan impor terganggu karena wabah virus corona telah menganggu kegiatan produksi di berbagai bidang di Tiongkok. Bahkan sektor pariwisata di Indonesia sudah terdampak langsung secara signifikan akibat penutupan sementara penerbangan dari dan ke Tiongkok.