Persib vs Persija: LIB, Panpel Dan Manajemen Maung Larang The Jak ke Stadion

Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar melarang suporter Persija Jakarta, The Jak Mania hadir di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin 28 Oktober 2019.
Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar melarang suporter Persija Jakarta, The Jak Mania hadir di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin 28 Oktober 2019. (Foto : )
Pertandingan Persib Bandung melawan Persija Jakarta diputuskan akan bertanding di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin 28 Oktober 2019.
Maung Bandung “terusir” dari markas mereka, Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung dikarenakan panitia pelaksana pertandingan Persib Bandung tidak mendapatkan izin dari pihak kepolisian untuk menggelar laga. Pasalnya, pada 27-28 Oktober 2019 akan digelar pemilihan kepala desa secara serentak di Kabupaten Bandung.Laga tersebut dipastikan steril dari pendukung Persija Jakarta atau
The Jakmania . Larangan tersebut dilakukan untuk menghindari bentrokan antar suporter mengingat kuatnya rivalitas antar suporter kedua tim saat ini.Larangan itu tertuang dalam surat PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 Indonesia bernomor 409/LIB/X/2019 tertanggal 21 Oktober 2019.Sementara itu, Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar sudah mengeluarkan peringatan keras kepada suporter Persija Jakarta, The Jak Mania menjelang partai bertajuk derby Indonesia itu.Pria yang akrab disapa Wak Haji Umuh itu menegaskan kalau The Jak Mania dilarang datang langsung ke stadion saat laga Persib Bandung kontra Persija Jakarta. Pelarangan itu tak lepas dari perjanjian yang sudah dibuat kedua belah pihak.Bobotoh, suporter Persib Bandung, mendapat larangan datang ke stadion pada pertemuan pertama Liga 1 Indonesia musim ini di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Di laga itu Persija dan Persib berbagi angka 1-1. Kini giliran The Jak Mania yang dilarang mendukung Persija Jakarta secara langsung di stadion."Tidak boleh, (suporter Persija). Ada perjanjian kalau tidak boleh ada supporter lawan," tutur Umuh Muhtar menjelaskan.Sebelumnya, panitia pelaksana (Panpel) pertandingan Persib sudah mendapatkan lampu hijau dari Kepolisian Daerah Bali untuk menggelar pertandingan pekan ke-25 tersebut. Mereka hanya akan menjual paling banyak 10.000 tiket. Filterisasi memang sengaja diterapkan oleh panpel guna mencegah suporter Persija yang memesan tiket.Di klasemen, Maung Bandung unggul atas Macan Kemayoran. Persib kini bercokol di peringkat 11 dengan torehan 28 poin. Teranyar, skuad asuhan Robert Rene Alberts itu hanya mampu bermain imbang dengan Bhayangkara FC 0-0 di Stadion PTIK, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019. Sedangkan Persija duduk di posisi ke-13 mengemas 24 poin usai ditahan tuan rumah PSS Sleman tanpa gol di Stadion Maguwoharjo, Kamis, 24 Oktober 2019 petang.