Evakuasi Berlanjut, Sudah 11.646 Orang Tinggalkan Wamena

evakuasi berlanjut2
evakuasi berlanjut2 (Foto : )
Evakuasi korban kerusuhan dari Wamena Papua terus berlanjut. Sudah 11.646 orang tinggalkan Wamena sejak kerusuhan di kota itu pecah pada 23 September 2019.
Komandan Pangkalan Udara (Lanud) Silas Papare Marsekal Pertama Tri Bowo Santoso mengatakan, evakuasi pengungsi, korban kerusuhan Wamena hingga hari ini, Kamis (3/10/2019) terus berlanjut."Evakuasi hingga Kamis masih dilakukan," kata Tri Bowo, seperti dilansir Antara. Menurutnya, satu dari empat pesawat angkut berat Hercules C-130 yang digunakan untuk evakuasi korban kerusuhan, sudah kembali ke Base Operasi di Surabaya. Pesawat itu mengangkut 150 pengungsi untuk diturunkan di Makassar dan Surabaya.Dengan demikian, tersisa tiga pesawat Hercules untuk mengangkut pengungsi dari Wamena ke Jayapura. Tercatat, jumlah pengungsi yang sudah dievakuasi ke Jayapura sebanyak 8.087 orang.Setibanya di Sentani, Jayapura, para pengungsi ditempatkan di tempat-tempat penampuingan di Kabupaten Jayapura dan  Kota Jayapura.

Sudah 11.646 Orang Tinggalkan Wamena

Sementara Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat mengatakan, sudah 11.646 orang yang terdata eksodus sejak kerusuhan 23 September 2019 di Wamena hingga 2 Oktober 2019.Sebagian besar warga meninggalkan Wamena dengan diangkut pesawat Hercules dan sisanya  dengan penerbangan komersial.Hingga kini pengungsi di Wamena tercatat 4.844 orang. Mereka tersebar di sejumlah kantor pemerintah, polisi,  militer dan tempat ibadah di kota tersebut. Sumber: Antara