Pilih Pijitan yang Pas, Biar Anda Puas

Pilih Pijitan yang Pas, Biar Anda Puas
Pilih Pijitan yang Pas, Biar Anda Puas (Foto : )

antvklik - Badan terasa capek dan pegal? Mungkin anda butuh pijatan. Pijat, pijit atau urut merupakan metode penyembuhan atau terapi kesehatan tradisional, dengan cara memberikan tekanan kepada tubuh.  Baik dilakukan secara manual ataupun menggunakan alat mekanis. Pijat manual biasanya menggunakan tangan, jemari, sikut, lengan atau kaki.

Sedangkan alat pemijat adalah mekanika tanpa manual. Pada intinya, pijat dapat memberikan relaksasi, rasa nyaman dan kebugaran. Pijat dapat dilakukan tanpa atau dengan minyak pelumas, misalnya membaluri dengan minyak pijat aroma terapi, losion pelembab kulit, parem kocok, minyak kayu putih, minyak angin atau balsem hangat.

Minyak pelumas ini biasanya digunakan untuk memberikan efek licin dan hangat. Pijat secara spesifik berkembang di beberapa kebudayaan di dunia dan adalah penyembuhan secara tradisional yang kini diterima di dunia Barat. Dalam bahasa Inggris, pijat dikenal sebagai massage.

Berikut beberapa jenis pijat paling populer di seluruh dunia yang bisa Anda pilih seperti dikutip dari About Health:

1. Pijat Swedia Untuk anda yang tidak terlalu suka dengan pijitan keras bisa mencoba pijat Swedia. Pijatnya tergolong sederhana. Terapis menggunakan tekanan yang lembut dan memanjang, seperti gerakan menguleni adonan, dikombinasikan dengan gerakan memutar. Gerakan dilakukan pada otot-otot besar di tubuh dengan menggunakan minyak khusus memijat. Sensasi yang dihasilkan pijatan ini sangat lembut dan membuat relaks.

2. Pijat Aromaterapi Pijat aromaterapi menggunakan minyak dengan aroma yang bisa anda pilih sesuai kesenangan. Aroma dari minyak akan membuat anda rileks. Aroma lavender paling banyak dipilih. Jadi kalau anda sedang mengalami stress anda bisa mencoba pijit aromaterapi.

3. Pijat Batu Panas Pijat ini menggunakan batu alam yang dipanaskan. Batu dipanaskan dengan suhu tertentu. Sensasi hangatnya membuat otot tegang menjadi kendor.