Monumen Yos Sudarso, Mengenang Perjuangan Laksamana Madya Yos Sudarso

Monumen Yos Sudarso, Mengenang Perjuangan Laksamana Madya Yos Sudarso
Monumen Yos Sudarso, Mengenang Perjuangan Laksamana Madya Yos Sudarso (Foto : )

ayapura tidak hanya menyimpan kekayaan alam yang besar dan hamparan alam yang indah. Namun juga menyimpan cerita sejarah yang tinggi. Bukti sejarah di sini adalah Monumen Yos Sudarso.

Monumen Yos Sudarso

Monumen Yos Sudarso terletak di Taman Imbi, jalan Irian, Gurabesi, Jayapura Utara, Kota Jayapura. Monumen Yos Sudarso terletak di jantung kota Jayapura. Di taman Yos Sudarso ada museum peninggalan Laksamana Madya Yos Sudarso.

Di monumen ini tercatat nama-nama prajurit yang selamat ataupun yang gugur ketika pertempuran di Laut Arafuru. Pada 15 Januari 1962, kapal KRI Macan Tutul yang dipimpin Laksamana Madya Yos Sudarso sedang berada di laut Aru, Maluku. 

Bersama 150 orang anak buahnya Yos Sudarso terlibat misi pembebasan Irian Barat. Yos Sudarso gugur setelah kapal KRI Macan Tutul  dihantam tembakan bertubi-tubi dari kapal tentara kolonial Belanda. Yos Sudarso tewas bersama 100 orang anak buahnya.

Untuk mempercantik taman, terdapat juga air mancur. Taman ini biasa digunakan warga untuk berkumpul. Ya taman Yos Sudarso memang sering di jadikan pusat kegiatan warga, seperti nonton bareng pertandingan sepakbola Persipura, joging atau sekedar duduk santai. Banyak penjual makanan di sekitar monumen Yos Sudarso.

Bagi Yos Sudarso, Papua adalah harga mati untuk NKRI. Sebelum macan tutul tenggelam, Yos Sudarso sempat berteriak, “Kobarkan terus semangat pertempuran”.