Barcelona vs Liverpool, Duel Penebus Dendam

brakop-2
brakop-2 (Foto : )

Pertandingan semifinal Liga Champions Eropa, antara Barcelona melawan Liverpool, Kamis dinihari nanti (2/5) akan jadi momentum penting buat kedua klub untuk menebus dendam,  trauma dan kegagalan yang menghantui kedua klub di beberapa musim terakhir.

Barcelona yang bakal jadi tuan rumah leg1, terakhir kali merasakan juara tahun 2015, tiga musim sesudahnya selalu kandas di perempat final.

Disingkirkan Roma, Atletico Madrid, dan Juventus. Ironisnya di 3 musim itu musuh bebuyutannya, Real Madrid yang jadi juara. Tak heran jika sang ikon, Lionel Messi menebar janji pada fans El Barca, bahwa target utama musim ini adalah merebut Trofi Champion untuk keenam kalinya. Dua gelar La Liga dan Cop Del Rey musim lalu terasa tak sempurna.

“Kita sudah meraih Trofi La Liga musim ini, target selanjutnya adalah Liga Champions,” janji Messi pada fans. Tekad serius mereka mulai, Barcelona sukses menjaga keangkeran Stadion Camp Nou kandangnya. Sejak terakhir dikalahkan Bayern Munchen 0-3, 2 Mei 2013 lalu di babak semifinal Liga Champions, Barcelona tak pernah lagi bisa ditaklukan di Camp Nou.

Sejak saat itu hingga kini sudah 31 laga tersaji, 28 mereka menangi, sisanya imbang. Sang pelatih Ernesto Valverde, yang kini dibebani target “Treble Winners” tak ingin lengah menghadapi Liverpool yang dianggapnya sebagai salah satu klub terbaik dunia saat ini. “Mereka memainkan sepakbola yang luar biasa beberapa musim terakhir ini, mereka sangat kuat. Kami harus fokus dan tidak boleh lengah,” tekadnya.

Manajer Liverpool Jurgen Klopp, juga punya tekad kuat menebus rentetan kegagalan yang dialaminya di Liga Champions Eropa. Musim lalu mereka sudah sampai di final, namun kalah dari Real Madrid dan salah satu penyebabnya adalah harus ditandunya Mohamed salah karena pelanggaran keras Sergio Ramos. Liverpool juga pernah dibawanya ke final Liga Europa 2015-2016 namun kalah dari Sevilla.

Sebelumnya di Liga Champion 2012-2013, Klopp juga sudah sampai ke final saat melatih Dortmund, namun juga kalah dari Bayern Munchen. “Saya ingin tim ini fokus, menang dan kami bisa sampai ke final untuk memenangi trofi juara.