Sosialisasi Tilang Elektronik, Pemprov DKI Tambah Kamera CCTV

Sosialisasi Tilang Elektronik
Sosialisasi Tilang Elektronik (Foto : )

antvklik - Polda Metro Jaya menilai uji coba pemberlakuan tilang elektronik pada akhir tahun lalu berdampak positif. Jumlah pelanggaran lalu lintas di DKI Jakarta menurun drastis. Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan jumlah pelanggaran lalu lintas bahkan turun hingga 70 persen.

Data tersebut diambil dari pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara roda dua dan tiga yang tertangkap kamera di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman. 

Sistem tilang elektronik ini merupakan sistem penegakan hukum di bidang lalu lintas yang berbasis teknologi informasi dengan menggunakan perangkat elektronik berupa kamera yang dapat mendeteksi pelanggaran lalu lintas dan data kendaraan bermotor secara otomatis.

Rekaman kamera ini digunakan sebagai barang bukti surat tilang akan dikirim ke alamat masing-masing pelanggar, dan denda tilang dibayarkan melalui bank. Saat ini ada dua belas titik lokasi kamera yang tersebar.

Ke depannya Pemprov DKI  akan menambah kamera CCTV sebanyak 81 satu kamera. Untuk ditempatkan di jalan Sudirman-Thamrin, wilayah Kota Tua, Gajah Mada, Jalan Gatot Subroto – S. Parman, Halim, Cawang dan Cempaka Putih.