Kualifikasi Piala Eropa 2020: Generasi Emas Belgia dan Talenta Muda Belanda Raih Kemenangan

Belanda mulai menatap era baru dengan talenta-talenta muda mereka yang berusisa di bawah 30 tahun
Belanda mulai menatap era baru dengan talenta-talenta muda mereka yang berusisa di bawah 30 tahun (Foto : )

Start sempurna pasukan Ronald Koeman di kualifikasi memang sesuai prediksi, dan saat ini, Belanda mulai menatap era baru dengan talenta-talenta muda mereka yang sangat menjanjikan.

Hanya Ryan Babel yang berusisa di atas 30 tahun, selebihnya pilar-pilar penting mereka, seperti kiper Jasper Cillessen, bek dan kapten Virgil van Dijk, gelandang Frenkie de Jong maupun striker Memphis Depay, semuanya masih di bawah 30 tahun.

Koeman pun optimistis Belanda yang saat ini menempati peringkat 14 di ranking FIFA bisa mencapai putaran final Piala Eropa 2020 yang akan digelar di 12 negara berbeda. Tergabung di Grup C Belanda memiliki sejumlah lawan tangguh. Selain Belarusia di grup itu juga bercokol Jerman, Irlandia Utara dan Estonia.

Sementara pada laga Grup I Kualifikasi Piala Eropa 2020, Tim nasional Belgia tampil tanpa sejumlah pemain andalannya ketika bertemu Rusia di Stade Roi Badouin (Bruxelles), Brussel, Jumat (22/3/2019) pukul 02.45 WIB. Pemain seperti Thomas Meunier, Mousa Dembele, Kevin De Bruyne, Axel Witsel dan Vincent Kompany mengalami cedera.

Begitu juga Romelu Lukaku yang mengalami masalah pada kakinya. Meski begitu, Pelatih Belgia Roberto Martinez tak terlalu memusingkan hal tersebut. Pasalnya para pemain pelapis negara yang berada di puncak peringkat FIFA itu memiliki kualitas yang tak jauh berbeda.

Terlebih bintang Chelsea yang digadang-gadang akan diboyong Real Madrid, Eden Hazard turun sejak awal. Benar seja berkat brace sang kapten, Eden Hazard di menit ke-45 dan 88, kemenangan dicatat Belgia dengan skor 3-1.

Satu gol Belgia lainnya disumbangkan Youri Tielemans di menit ke-14. Sementara satu-satunya gol Rusia diciptakan Denis Cheryshev di menit ke-16. Hasil tersebut menempatkan De Rode Duivel di peringkat ketiga klasemen sementara.