Mengenali Penyakit Kanker Darah dan Apa Penyebabnya

ibu Ani Yudhoyono
ibu Ani Yudhoyono (Foto : )

Penyakit kanker darah diketahui merupakan penyebab dirawatnya Ibu Kristiani Herawati (Ibu Ani Yudhoyono) istri Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono sejak 2 Februari 2019 lalu dan hingga kini masih menjalani perawatan  di National University Hospital, Singapura.

Penyakit kanker darah bisa saja dimiliki oleh seseorang, walau tidak merasakan adanya tanda-tanda gejala tertentu, seperti yang dialami oleh Ibu Ani Yudhoyono.

Apa itu kanker darah? Kanker hematologi atau kanker darah adalah kanker yang memengaruhi produksi dan fungsi sel darah. Sebagian besar kanker darah dimulai dari sumsum tulang tempat darah diproduksi. Sel-sel kanker mencegah sel-sel darah normal untuk menjalankan fungsi mereka.

Ada 3 jenis kanker darah paling umum : 1. Leukemia Leukemia adalah kanker sel darah putih, yang menghentikan sel darah putih dalam melawan infeksi. Ini adalah jenis yang paling umum dari kanker darah. Ketika seseorang memiliki leukemia, sumsum tulangnya tidak mampu memproduksi sel-sel darah merah yang cukup dan trombosit untuk memasok kebutuhan tubuh.

Berdasarkan seberapa cepat perkembangannya serta jenis sel darah putih yang diserang, leukemia ini dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu akut dan kronis. Leukemia kronis jauh lebih berbahaya dan sulit untuk diobati

2. Limfoma Kanker darah limfoma berkembang pada limfosit – tipe sel darah putih yang berperan untuk melawan infeksi. Kanker jenis ini juga memengaruhi kelenjar getah bening, limpa, timus, sumsum tulang, dan bagian lain dari tubuh. Limfosit yang tidak normal dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Hal ini akan mengurangi daya tahan tubuh penderitnya terhadap faktor berbahaya dari luar. Limfoma terdiri dari berbagai jenis, tetapi dua kategori utama dari limfoma adalah: a. Limfoma hodgkin, yang melibatkan tipe limfosit sel B yang tidak normal disebut sel Red-Sternberg.