Kurangi Sampah Plastik, Mendagri Kampanyekan Tak Gunakan Kemasan Plastik di Jajarannya

Kurangi Sampah Plastik, Mendagri Galakkan Kampanye Tak Gunakan Kemasan Plastik
Kurangi Sampah Plastik, Mendagri Galakkan Kampanye Tak Gunakan Kemasan Plastik (Foto : )
Newsplus.antvklik.com- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menggalakkan kampanye tidak menggunakan kemasan berbahan plastik seperti tas, kemasan air minum dan makanan di jajarannya. Hal ini dilakukan, untuk mengurangi sampah plastik yang kondisinya sudah cukup mengkhawatirkan bagi lingkungan.
“Himbauan bagi segenap pegawai di lingkungan Kerja Kementerian Dalam Negeri dan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) untuk tidak menggunakan bahan plastik, khususnya untuk tas, kemasan minuman dan makanan. Minuman air mineral merk apapun silahkan, asalkan memakai gelas atau cangkir yang tidak berbahan plastik. Bisa bahan kaca, keramik, kayu atau Kertas,” katanya.
Himbauan di jajarannya, menurut Tjahjo, karena masalah sampah plastik sudah pada tahap yang memprihatinkan bagi lingkungan. Himbauan ini, tidak ada sanksi yang diberikan kepada jajarannya yang tidak mengindahkan himbauannya. Tetapi hal ini, harus diimplementasikan dalam setiap acara rapat, pertemuan dan kegiatan apapun untuk tidak menggunakan kemasan berbahan plastik.Ia berharap gerakan kampanye mengurangi sampah plastik tersebut, dapat menularkan kebiasaan untuk tidak menggunakan kemasan berbahan plastik, mulai dari lingkungan keluarga masing-masng pegawai hingga lingkungan masyarakat luas.