Kekeringan di Portugal Memicu Kenaikan Harga Air

Bendungan kering di Portugal. ( Dok: Reuters) (Foto : )

Antv –Portugal menghadapi kekeringan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Negara ini merekomendasikan 43 kota untuk menaikkan harga air bagi konsumen.Selain itu menangguhkan pembersihan jalan serta penyiraman di taman dan kebun umum.

Menurut Lembaga Meteorologi Nasional Portugal IPMA seluruh daratan Portugal mengalami kekeringan parah atau ekstrem menyusul gelombang panas selama beberapa bulan terakhir.

Menteri Lingkungan Hidup Portugal Duarte Cordeiro mengatakan pada Rabu (24/8/2022), 10 bendungan dalam keadaan kritis dari 61 bendungan yang ada di daratan Portugal. Bendungan kritis tersebut hanya menyimpan air dibawah 20 persen dari kapasitasnya. Bendungan yang hampir kering tersebut memasok 40 kota di utara dan tengah negara ini.

Ia menambahkan, meskipun Portugal secara keseluruhan memiliki cukup air di waduknya untuk konsumsi dua tahun, namun 10 daerah dalam situasi krisis tidak memiliki cukup air untuk satu tahun.

Portugal memiliki total 278 kotamadya dan mereka bertanggung jawab untuk menyediakan air bagi penduduknya.

Cordeiro menjelaskan terdapat 43 wilayah terkena dampak parah. Pemerintah merekomendasikan untuk wilayah kekeringan paling parah, pemerintah harus menaikkan harga air untuk kebutuhan keluarga dan perusahaan yang mengkonsumsi lebih dari 15 meter kubik air per bulan. Rata – rata kebutuhan air di satu kepala keluarga mengkonsumsi 10 meter kubik per bulan.

“Untuk sementara menangguhkan penggunaan air yang tidak penting. Seperti untuk membersihkan jalan, menyiram ruang hijau, dan air mancur taman dan kolam renang,” ungkap Cordeiro.