Imran Siswa MTsN 1 Tangsel Raih Emas di Ajang Robotic International

Imran Seorang Siswa Kelas 9 Mampu Ciptakan Robot Pembersih Air (Foto : Handi Febrian)

Antv – Imran yang masih duduk di kelas IX MTsN ini meraih medali emas dalam kategori Creative Robot Senior Level di kontes Internasional Youth Metaverse Robot Challenge (IYMRC) yang berlangsung di Daejeon, Korea Selatan, pada 5-7 Agustus 2022 lalu.

Imran sendiri merupakan salah satu perwakilan asal Indonesia, dan tidak tanggung-tanggung Imran mengalahkan peserta yang berasal dari sekitar 30 negara berbeda.

Robot yang dinamakan sebagai Water Cleaner Robot Boat itu, berhasil mengantarkan Imran untuk menyabet medali emas dalam ajang kompetisi tingkat internasional tersebut.

Imran yang terkenal sebagai siswa yang berprestasi di sekolahnya ini, mempunyai ide untuk membuat robot pembersih air yang berawal dari kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar dia.

“Awalnya saya sedang bermain bersama teman-teman di pinggir kali, lalu saya melihat kali tersebut kotor dan saya berfikir kenapa saya tidak berusaha untuk membuat robot pembersih air,” ujar Imran saat ditemui tim antvklik.com di sekolahnya.

Berawal dari ide tersebut, Imran lantas berhasil membuat perahu robot pembersih kekeruhan air.

Imran juga menjelaskan cara kerja perahu tersebut, yaitu dengan cara air sungai atau air laut di sedot ke perahu melalu pompa ke tangki penyaringan.