Sejarah Baru, Industri Pengembangan Terapi Sel dan Pengobatan Regeneratif Prodia StemCell

Press Conference Prostem
Press Conference Prostem (Foto : Rangga/ANTVklik.com)

Antv –PT Prodia StemCell Indonesia “ProSTEM”, laboratorium penelitian, pengolahan, dan penyimpanan sel punca terkemuka di Indonesia, meresmikan gedung baru Advanced Cell Therapy Production Laboratory (ACT-PLab) pada tahap pertama pembangunan, yang berlokasi di Jl. Kramat VII No. 11-13, Senen, Jakarta Pusat.

Gedung yang dibangun dengan mengedepankan teknologi canggih dengan jaminan mutu yang baik secara simbolis diresmikan oleh Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, selaku Menteri Kesehatan, Ibu Dr. Dra. L Rizka Andalucia, Apt, M.Pharm., MARS selaku Plt Kepala Badan POM, Andi Widjaja, PhD selaku Founder dan Komisaris Utama ProSTEM, dan Dr. Cynthia Retna Sartika, M.Si selaku Direktur ProSTEM.

Acara peresmian juga dihadiri oleh segenap tamu undangan dari jajaran pemerintah, sektor kesehatan yang diwakili oleh dokter dari berbagai kolegium, dan segenap manajemen dari Prodia Group.

ACT-PLab merupakan laboratorium terdepan untuk proses pengolahan sel punca, sel dan turuannya yang dibangun di Pusat Kota Jakarta pada lahan seluas 2100 m2 untuk memenuhi permintaan pelanggan terkait sel punca dan sekretom yang terus meningkat setiap tahunnya.

Kehadiran ACT-PLab ini memainkan peran penting dalam terapi regeneratif yang menjadi harapan besar dalam pengobatan penyakit-penyakit yang sulit diobati secara konvensional.

Hal ini merupakan komitmen ProSTEM dalam mendukung terlaksananya reformasi kesehatan khususnya reformasi teknologi kesehatan dan pelayanan rujukan melalui layanan terapi regeneratif menggunakan sel punca, sel, dan metabolitnya yang berkualitas, aman, dan memiliki efikasi.

Dr. Cynthia Retna Sartika, M.Si selaku direktur ProSTEM menyampaikan “Dengan hadirnya Advanced Cell Therapy Production Laboratory (ACT-PLab) ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi dalam reformasi kesehatan terutama dibidang teknologi pengobatan regeneratif untuk pasien dengan berbagai kondisi medis, seperti penyakit degeneratif seperti jantung, diabetes, stroke, osteoatritis dan gangguan lainnya.