Misteri Lokomotif BB 301 27 yang Dikenal Angker

Misteri Lokomotif BB 301 27
Misteri Lokomotif BB 301 27 (Foto : Dok. Wikipedia)

Antv – Lokomotif kereta api seri BB301 adalah lokomotif diesel hidraulik milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) buatan pabrik Fried Krupp dan Krauss-Maffei, yang berada di Jerman Barat.

Lokomotif ini pertama kali dipesan oleh KAI saat masih bernama Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA).

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1.010 kW (1.350 hp) dengan berat lokomotif sebesar 52 ton (51 ton panjang; 57 ton pendek).

Lokomotif ini biasa digunakan untuk menarik kereta penumpang ataupun kereta barang, termasuk untuk langsiran Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/h (33 m/s).

Lokomotif ini bergandar B'B', artinya lokomotif ini memiliki dua bogie yang masing-masing memiliki dua poros penggerak yang saling dihubungkan.

Salah satu yang pernah dioperasikan PT KAI adaalah Lokomotif BB 301 27 yang dikenal misterus dan angker. Apa penyebabnya?



Dalam sebuah cuitan di jejaring sosial X (dulu disebut Twitter), akun @mwv_mystic, menuliskan sebuah Thread tentang  Misteri Lokomotif BB 301 27.

Dalam cuitannya diungkapkan, pada 1970-an, ada seorang masinis bertengkar dengan asistennya. Masinis itu marah besar.

Kepala asistennya itu dimasukkan ke dalam exhaust fan. Maaf, kepala anak buahnya itu hingga terpisah dari badan.

Ini serius. Cuitan tersebut bukan dongeng. Ini adalah peristiwa sejarah BB 301 27, lokomotif paling "angker" di Indonesia.

Exhaust fan adalah kipas yang berfungsi untuk menjaga kebersihan udara di dalam ruangan, khususnya untuk ruangan dengan sirkulasi udara yang kurang baik.

Cara kerja exhaust fan adalah dengan menarik udara yang ada di dalam ruangan, kemudian membuangnya ke luar ruangan. Pantas saja jika kepala yang dimasukkan ke dalam kipas tersebut bisa putus.