Manfaat Memelihara Kucing Menurut Ajaran Islam: Kasih Sayang dan Pahala Berlipat

Ilustrasi kucing British Shorthair
Ilustrasi kucing British Shorthair (Foto : Pexels/Hải Nguyễn)

Antv – Memelihara kucing memiliki banyak manfaat yang diajarkan dalam Islam. Selain mendapatkan pahala dari Allah SWT, ada juga manfaat lain yang bisa dirasakan oleh pemiliknya.

Berikut adalah beberapa manfaat memelihara kucing menurut ajaran Islam:

1. Mendapatkan Pahala dari Allah SWT

 

img_title
Ilustrasi kucing oren. (Foto: Freepik/master1305)

 

Kucing adalah salah satu hewan yang disayangi Rasulullah, sehingga Allah SWT juga menyayanginya. Dengan merawat kucing dengan baik, seseorang melakukan perbuatan baik dan akan diberi pahala oleh Allah SWT.

2. Disayangi Penghuni Langit

 

img_title
Ilustrasi kucing Munchkin. (Foto: Pexels/Çağrı Kurt)

 

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa orang yang penyayang akan disayangi oleh Allah SWT. Menyayangi makhluk Allah yang ada di muka bumi, termasuk kucing, akan mendapatkan kasih sayang dari penghuni langit.

3. Merupakan Sedekah

 

img_title
Ilustrasi kucing Maine Coon. (Foto: Pexels/Valeria Boltneva)

 

Islam menganjurkan umatnya untuk memelihara dan memberi makan pada hewan seperti kucing, terutama saat hewan tersebut lapar dan haus. Hal ini dianggap sebagai bentuk sedekah bagi orang yang melakukannya.

4. Menumbuhkan Rasa Empati

 

img_title
Ilustrasi kucing Angora Turki. (Foto: Pexels/Анна Кухарчук)

 

Memiliki hewan peliharaan seperti kucing dapat menumbuhkan rasa empati yang tinggi. Ketika memiliki hewan peliharaan, seseorang akan berusaha untuk mengerti apa yang dirasakan hewan tersebut. Hal ini juga bisa membantu seseorang untuk memiliki rasa empati terhadap sesama manusia.

5. Diampuni Dosanya

 

img_title
Ilustrasi kucing American Bobtail. (Foto: Freepik/wirestock)

 

Dalam hadis riwayat Imam Bukhari, diceritakan bahwa seorang wanita pelacur diampuni dosanya karena memberi minum pada seekor anjing yang hampir mati karena kehausan. Begitu juga dengan memelihara kucing, Allah SWT akan mengampuni dosa seseorang karena telah merawat dan mencintai hewan tersebut.

 

6. Memberi Kebaikan hingga Hari Kiamat

 

img_title
Ilustrasi kucing. (Foto: Freepik/freepik)

 

Dalam Islam, kebaikan yang diberikan kepada hewan, seperti memberi makan dan membersihkan kotorannya, akan dihitung sebagai amal kebaikan di hari kiamat. Memelihara kucing dengan iman dan keyakinan akan mendatangkan kebaikan hingga akhirat.