TPS 3R Perum Bina Lindung Kian Lengkap dengan Hadirnya Mesin Pengolah Sampah Domestik

TPS 3R Kian Lengkap dengan Mesin Pengolah Sampah Domestik
TPS 3R Kian Lengkap dengan Mesin Pengolah Sampah Domestik (Foto : Istimewa)

Antv – Kehadiran Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) di Perumahan Bina Lindung, RW 11, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi kini semakin lengkap.

Hal ini setelah adanya mesin pengolah sampah domestik (PSD). Peresmian penggunaan PSD ini, dilaksanakan berbarengan dengan kegiatan nggopi bareng Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto pada Sabtu (25/2/2023).

Hadir dalam acara tersebut tokoh pemuda Maluku, Umar Ohoitenan atau Umar Kei yang dilantik menjadi Ketua RT 008, RW 11, Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondok Gede periode 2023-2028, untuk mengabdi kepada masyarakat sekitar.

"Ada mesin pendukung juga, pengolah sampah domestik (PSD) dan pengolah sampah makanan. Jadi kita benar-benar menuju sampah tuh nol, nggak ada sama sekali. Tidak ada yang dibuang ke (TPST) Bantargebang atau (TPA) Sumur Batu," ujar Ketua RW 11 A. Ershi Gihasto.

Setelah ini, pihaknya berharap keberadaan TPS 3R semakin maksimal. Seperti bisa menghasilkan pupuk kompos, hingga barang-barang kerajinan yang bernilai ekonomis.

"Kita menuju ke sana. Dan bank sampah kita akan membuat aplikasi e-Sabuta, artinya sampah buat kita. Kita akan kembangkan, kebetulan kita akan launching juga," kata Ershi.

Sementara menurut Camat Pondokgede, Zainal Abidin Syah, TPS 3R dan segala perlengkapan pendukungnya, merupakan satu-satunya fasilitas pengolahan sampah model tersebut yang ada di Kota Bekasi.