Sekolah Sultan!! OMG, Uang SPP nya Bisa untuk Cicil Rumah

Sekolah Termahal di Jakarta
Sekolah Termahal di Jakarta (Foto : British School Jkt)

Antv – Tingginya biaya sekolah inilah yang kerap membuat orang tua geleng-geleng kepala atau bahkan mengelus dada hingga bikin syok. Bayangkan saja, dari tahun ke tahun biaya pendidikan anak selalu meningkat.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut kenaikan rata-rata biaya pendidikan di Indonesia mencapai 10-15 persen per tahun. Perlu dicatat, biaya yang dimaksud hanya sebatas uang pangkal, belum termasuk uang SPP, uang buku, perlengkapan sekolah anak, serta biaya tugas-tugas sekolah. Sebagai orang tua, kamu perlu merencanakan pendidikan anak hingga 20 tahun kedepan, sejak PAUD, TK, SD, SMP, SMA hingga S1.

Dengan estimasi kenaikan biaya pendidikan 10-15 persen per tahunnya, kamu bisa mengkalkulasi total dana yang dibutuhkan untuk menyekolahkan satu orang anak hingga ke tingkat perguruan tinggi.

Rhenald Kasali, selaku Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia menuturkan bahwa biaya pendidikan TK itu mahal karena ilmu yang dituntut untuk mengajar itu sendiri tinggi. Sehingga, seorang pengajar atau guru itu sendiri diharapkan dapat memberikan nilai-nilai yang baik untuk tumbuh dan kembang si kecil.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut daftar 5 sekolah termahal di Indonesia khususnya dị Jakarta:

1. JAKARTA INTERNATIONAL SCHOOL (JIS)

 

img_title
JIS JKT. (Foto : gettyimages.com)

 

Masuk dalam daftar sekolah termahal di Indonesia. Sekolah ini merupakan sekolah swasta terbaik di Indonesia. Karena menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB). Total biaya sekolah atau SPP di JIS anda harus merogok kocek sebesar Rp.419 - 496,5 Juta per tahun. Jika memakai transportasi sekolah, orang tua dikenakan tambahan biaya sebesar Rp.72,8 Juta .

 

 

2. BRITISH SCHOOL JAKARTA

 

img_title
BRITISH SCHOOL JKT. (Foto : orami.co.id)

 

Adalah sekolah termahal kedua di Indonesia. Untuk mendapatkan fasilitas pendidikan yang mumpuni di British School Jakarta, uang yang harus dibayarkan mulai dari Rp.308 - 350 Juta per tahun.

 

 

3. ACG SCHOOL JAKARTA

 

img_title
ACG SCHOOL JKT. (Foto : Wikipedia)

 

Juga salah satu dari sekolah termahal di Indonesia. ACG School menyediakan kurikulum International Baccalaureate (IB) Primary Years Programme dengan kurikulum University of Cambridge International Examination. Biaya untuk sekolah disini sebesar Rp.235 - 310 Juta per tahun.

 

 

4. NEW ZEALAND SCHOOL JAKARTA

 

img_title
NEW ZEALAND SCHOOL JKT. (Foto : Wikipedia)

 

Semua aktifitas di New Zealand School Jakarta ini didukung dengan fasilitas yang berkualitas mulai dari seni, olahraga, dan ekstrakurikuler. Tidak heran jika anak anda ingin bersekolah disini biaya yang perlu dikeluarkan orang tua sebesar RP. 50 - 215 Juta per tahun.

 

 

 

5. GLOBAL JAYA SCHOOL

 

img_title
GLOBAL JAYA SCHOOL JKT. (Foto : International-Schools.org)

 

Global Jaya School merupakan sekolah yang dibangun oleh Jaya Grup milik Ciputra. Dimana sekolah ini memiliki fasilitas berstandar International untuk siswanya. Dimulai dari Playgroup Rp.53 Juta, TK Rp.93,3 Juta, SD diangka Rp.210 Juta dan SMP Rp.215 Juta.

Gimana moms, sudah siap untuk mengumpulkan dana secara maksimal? Buatlah tabungan khusus untuk pendidikan di bank.

Sisihkan sebagian uang yang anda peroleh secara disiplin dan dana tersebut tidak boleh diganggu gugat.

Anda juga bisa melakukan pekerjaan sampingan sehingga mendapatkan penghasilan lain untuk menabung biaya pendidikan anak-anak anda. Semangat.