Tergabung di Grup Ketat, Timnas Kaledonia Baru U-17 Mencoba Realistis

Kaledonia Baru U-17
Kaledonia Baru U-17 (Foto : Dok. Media PSSI)

Antv – Tampil untuk kali kedua di Piala Dunia U-17, timnas Kaledonia Baru U-17 mencoba realistis menghadapi persaingan ketat di Grup C. Pelatih Leonardo Lopez hanya berharap tim asuhannya mampu menunjukkan permainan sepak bola Kaledonia Baru yang sesungguhnya.

Lopez mengakui bila Kaledonia Baru merupakan tim kecil. Mereka berasal dari sebuah negara kecil di Pasifik dan sepak bola Kaledonia Baru memang tak memiliki 'suara' apa pun di pentas sepak bola dunia.

Saat timnas U-17 berhasil lolos ke putaran final, mereka pun siap memberikan yang terbaik. Prinsipnya, para pemain ingin membuat keluarga dan masyarakat sepak bola Kaledonia Baru merasa bangga.

"Jadi kami merupakan tim kecil, dari negara kecil di Pasifik. Kami ingin menaruh semua jiwa, raga, serta keberanian dari permainan sepak bola Kaledonia Baru di Piala Dunia U-17 ini," kata Lopez saat berlatih di Lapangan A Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

"Kami ingin membuat bangga keluarga serta masyarakat Kaledonia Baru. Tentu kami berusaha melakukan yang terbaik," ujar dia lebih lanjut.

Lopez secara tersirat menuturkan Kaledonia Baru U-17 tidak memasang target tinggi di Piala Dunia U-17 2023. Mereka tetap realistis mengingat persaingan di grup juga sangat ketat. Namun mereka juga memaksimalkan untuk menata Piala Dunia 2026.

"Ini kali kedua kami tampil di Piala Dunia U-17. Kami bekerja sama dengan akademi untuk mencari pemain-pemain muda terbaik, dan mencoba tampil dalam Piala Dunia di setiap penyelenggaraan. Kami mulai bekerja dengan para pemain muda ini, dan berharap kami bisa tampil lebih bagus untuk kualifikasi menuju 2026," kata Lopez.