Asian Para Games Hangzhou : Jendi & Rifky Sumbang Dua Emas Terakhir Dari Kolam Renang

Asian Para Games, Maulana Rifky Yavianda sumbang emas renang
Asian Para Games, Maulana Rifky Yavianda sumbang emas renang (Foto : NPC Indonesia)

Antv –  Para-renang Indonesia sukses mempersembahkan emas di Asian Para Games (AiPG) 2022. Tidak hanya satu, tetapi dua emas langsung disumbangkan untuk kontingen Merah Putih dalam hari terakhir pelaksanaan cabor para-renang.

Emas pertama datang dari Jendi Pangabean di nomor 100 m gaya punggung S9. Jendi tampil ciamik di HOC Aquatic Sports Arena, Hangzhou, China, 27 Oktober 2023. Jendi berhak atas medali emas dengan catatan waktu 1:05,74 menit. Medali perak direbut wakil tuan rumah, Jie Wang, dengan waktu 1:08,50 detik.

Sementara itu, Abolfazl Negarestani, asal Iran berhak atas medali perunggu dengan catatan 1:09,00 menit.

Jendi merasa lega dengan perolehan ini karena akhirnya ia berhasil mempersembahkan emas. Selain itu, ia juga mempertahankan prestasi serupa yang diraih di Asian para Games 2018 Jakarta.

"Perasaannya senang campur aduk, karena di hari terakhir lomba renang saya baru bisa menyumbangkan medali emas untuk Indonesia,” ucap Jendi.

"Saya sangat lega akhirnya bisa mempertahankan medali emas sekaligus mengulang prestasi yang saya raih di Asian Para Games 2018 di Jakarta di nomor 100 meter punggung juga medali emas, dan di sini saya masih bisa mempertahankan," tambahnya.

Selain Jendi, medali emas kedua dari kolam renang hari ini berasal dari Maulana Rifky Yavianda di nomor gaya bebas 100m putra S12. Hasil itu merupakan emas kedua Rifky setelah sebelumnya mendapatkan di nomor gaya kupu 100 m.