JAPFA Chess Festival ke-13 Diikuti 400 Pecatur, Menghadirkan Robot Catur

JAPFA dan PB PERCASI menggelar T JAPFA Chess Festival ke-13
JAPFA dan PB PERCASI menggelar T JAPFA Chess Festival ke-13 (Foto : ANTVklik/Eko Djatmiko)

Antv – PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) dan PB PERCASI menggelar T JAPFA Chess Festival ke-13 yang akan diselenggarakan pada 18-22 Oktober 2023 di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta Pusat. Turnamen catur tahunan tersebut memiliki 12 kategori. Pertandingan yang terbagi menjadi beberapa kelompok usia dan memperebutkan total hadiah seniiai 265 juta rupiah.

"Pada turnamen tahunan tersebut, JAPFA bersama Universitas Gunadarma P memperkenalkan inovasi robot catur yang dapat dimanfaatkan sebagai lawan untuk latih tanding hp para pecatur." Rachmat Indrajaya, Direktur Corporate Affairs JAPFA menyampaikan.

Sesuai dengan namanya, 5 JAPFA Chess Festival terus mempertahankan ciri khas festivalnya dengan mengakomodasi semua kelompok dan usia peserta catur Indonesia. Melalui ajang ini, kami berharap dapat menemukan talenta-talenta terbaik yang akan menjadi generasi penerus olahraga catur Indonesia.

Apalagi tahun ini, kami bersama dengan Universitas Gunadarma menggarap kecerdasan artifisial yang dapat ‘ berfungsi sebagai mentor bahkan lawan tanding, sehingga diharapkan dapat semakin menarik minat generasi muda untuk menggeluti olahraga ini.

Saat penyelenggaraan JAPFA Chess Festival, robot catur secara perdana akan dipertunjukkan dan diuji coba secara langsung oleh pecatur kebanggaan Indonesia.

Pecatur bergelar internasional juga akan mendapatkan kesempatan bertanding melawan robot catur ini. Pertandingan para pecatur : melawan robot ini dapat disaksikan pada hari kedua hingga hari ke-5 pertandingan berakhir.

Pada kesempatan yang sama, GM Utut Adianto, Ketua Umum PB PERCASI menyampaikan, "Antusiasme para peserta JAPFA Chess Festival terus meningkat setiap tahunnya. Hingga hari ini, NI total peserta mencapai 400 orang dari berbagai wilayah di indonesia."