Raja Sapta Okto: Perlu Stimulus Agar Pengusaha Terpacu Bantu Pendanaan Olahraga Nasional

Diskusi Panel 'Antara Prestasi dan Industri Olahraga'
Diskusi Panel 'Antara Prestasi dan Industri Olahraga' (Foto : NOC Indonesia/Naif Al'as)

AntvKomite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) menilai diperlukan regulasi yang bisa memberi stimulus kepada pengusaha atau perseroan agar terpacu untuk berkontribusi di sektor olahraga. 

Hal ini disampaikan Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dalam Diskusi Panel bertema “Antara Prestasi dan Industri Olahraga” yang diselenggarakan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dalam perayaan menuju Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) di Menara KADIN, Jakarta, 8 September.

“Sebagai pengusaha tentu kita malu, seharusnya olahraga ini bisa mandiri. Hanya saja saat ini memang dana olahraga dari APBN masih kurang dari 0,1 persen. Mau dibolak balik kayak apa pasti dana itu tidak cukup. Kalau begitu harapannya kita bisa mendapat dukungan dari insan pengusaha sehingga olahraga ini bisa mandiri,” kata Okto, sapaan karib Raja Sapta.

 

img_title
Raja Sapta Oktohari. (Foto: No)

 

Okto menilai sejatinya Undang-Udang Keolahragaan No 11 Tahun 2022 sudah mengatur pendanaan olahraga tak harus dari anggaran pemerintah. Di luar APBN dan APBD, dana masyarakat, kerja sama, sumbangan usaha, dan hasil industri olahraga juga dapat memberikan kontribusi di olahraga.