8 Pemain Persija Gabung Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

8 Pemain Persija Gabung Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024
8 Pemain Persija Gabung Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 (Foto : Dok. PSSI)

Antv8 pemain Persija Jakarta resmi bergabung dengan Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Tujuh nama di antaranya masuk daftar panggil Timnas U-23 untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Seperti diketahui Piala Asia akan digelar di Solo, Jawa Tengah, pada 6-12 September 2023. Ke-delapan pemain tersebut ialah Muhammad Akbar Arjunsyah, Rizky Ridho Ramadhani, Ilham Rio Fahmi, dan Muhammad Ferarri.

Berikutnya Muhammad Rayhan Hannan, Dony Tri Pamungkas, dan Witan Sulaeman. Satu nama lain dipanggil Timnas Senior, yaitu Aji Kusuma.

Direncanakan Skuad Garuda akan melakukan FIFA Match Day melawan Timnas Turkmenistan di Surabaya, Jumat (8/9/2023). Pelatih Persija, Thomas Doll, mendukung delapan pemain tersebut untuk membela Tim Merah Putih.

Macan Kemayoran akan 100 persen mendukung pemanggilan Timnas di periode karena Liga 1 2023/2024 sedang libur. Laga pekan ke-12 baru akan bergulir kembali, Minggu (17/9/2023)

“Tentu saja mereka bisa bergabung karena kami tidak mempunyai jadwal pertandingan hingga 17 September 2023. Jadi tidak ada masalah,” ujar Thomas.

Diketahui, Tim U-23 Indonesia sudah melakukan latihan perdana sesaat setelah menginjak kota Solo. Rizky Ridho, dkk berlatih di Stadion Sriwedari, Senin (4/9) jelang Kualifikasi Grup K Piala Asia U-23 2024.

“Hari ini, coach Shin Tae-yong memimpin TC Timnas Indonesia senior. Besok, Selasa (5/9/2023), coach Shin Tae-yong ke Solo,” ungkap Asisten Pelatih tim, Nova Arianto.

Hampir semua pemain berlatih di latihan perdana, hanya ada beberapa pemain saja yang belum bergabung.

“Ada pemain belum datang seperti, Marselino, Elkan, Ivar, Rafael, Dewa, dan beberapa yang lainnya. Alhamdulillah, rekan-rekan semua sudah baik. Saya pribadi juga baik. Sore ini hanya latihan pemulihan saja. Kondisi lapangan pun bagus,” kata Pratama Arahan, setelah sesi latihan perdana.

“Untuk persiapan, menunggu instruksi pelatih yang belum dateng. Semua tim berat. Tidak boleh meremehkan semua tim. Mereka pasti memilih pemain yang juga pilihan terbaik,” kata Arhan.

Rencananya penyelenggara babak kualifikasi Grup K Piala Asia U23 akan digelar di Stadion Manahan pada 6-12 September. Adapun negara yang tergabung bersama Indonesia adalah Taiwan dan Turkmenistan.

Pada laga perdana Grup K, Indonesia akan bersua Chinese Taipei (Taiwan) pada 9 September. Tiga hari berselang bakal berhadapan dengan Turkmenistan.

Meski Grup K hanya dihuni tiga tim, cara untuk lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 tetap sama, yakni menjadi juara grup.

Nantinya, 11 juara grup plus empat runner-up terbaik akan lolos ke putaran final yang berlangsung di Qatar dari 15 April sampai 3 Mei 2024.