Profil Timnas Spanyol "La Furia Roja" di Piala Dunia 2022

Profil Timnas Spanyol "La Furia Roja" di Piala Dunia 2022 Qatar
Profil Timnas Spanyol "La Furia Roja" di Piala Dunia 2022 Qatar (Foto : Instagram)

Antv – Setelah juara di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Timnas Spanyol yang berjuluk "La Furia Roja" seakan tenggelam ditelan bumi karena pencapaiannya masih jauh dari kata memuaskan.

Pada Piala Dunia 2014, mereka gagal mempertahankan gelar dan justru terkapar di fase grup. Empat tahun kemudian di Rusia, Spanyol juga melempem.

Mengapungkan target tinggi, Spanyol tersungkur di babak 16 besar. Dua kegagalan tersebut membuat Spanyol bertekad mengulang sukses. Armada Luis Enrique sudah melupakan semua kegagalan di belakang.

Timnas Spanyol yang kini berada di peringkat ketujuh dunia (menurut rangking FIFA per 6 Oktober). Mereka di Grup E Piala Dunia 2022, bersama Korta Rika, Jerman, dan Jepang. 

Melihat persaingan di grup itu, laga Spanyol vs Jerman menjadi pertandingan paling menarik di babak penyisihan grup. Kedua negara itu pernah berhadapan di final Piala Eropa 2008 di Austria. Saat itu, La Roja menang 1-0, di mana kedua tim bermain buruk.

Timnas Spanyol dan Jerman difavoritkan sebagai tim yang bakal lolos dari Grup D. Meski begitu, Kosta Rika dan Jepang diperkirakan bakal memberikan tantangan berat saat mereka berusaha mendapatkan kembali performanya di turnamen besar. 

Jika Spanyol menjadi juara Grup E, akan menghadapi runner-up Grup F yang terdiri dari Belgia, Kanada, Maroko, dan Kroasia. Sedangkan, bila menjadi runner-up grup, tim asuhan Luis Enrique akan melawan juara Grup F.