Intip Kampung Atlet Olimpiade Tokyo, Tempat Tidurnya dari Kardus

kampung atlet1
kampung atlet1 (Foto : )
Sebagai tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade ke-32, Jepang telah membuat kampung atlet sebagai tempat khusus atlet mancanegara untuk menginap. Seperti apa suasana di sana?
Kampung Atlet Olimpiade Tokyo 2020 atau Athletes' Village, berlokasi di Distrik Harumi-5,  Chome West, Tokyo, yang dikelilingi oleh venue olahraga.  Lokasinya juga sangat dekat dengan perairan Teluk Tokyo di pusat kota.Athletes' Village terdiri dari 24 bangunan gedung, yaitu 21 gedung tingkat menengah, 2 tower dan 1 fasilitas retail dengan jumlah total 5.682 unit.Tempat tersebut jadi lokasi menginap para atlet mancanegara, termasuk tim Indonesia yang terdiri dari 28 atlet dan 17 ofisial. Tim Indonesia menempati Tower 5 di lantai 16.[caption id="attachment_481769" align="alignnone" width="900"]
Maket kampung atlet Olimpiade Tokyo (Foto: KBRI Tokyo)[/caption]Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi sempat berkunjung ke Athletes' Village untuk melihat dari dekat tempat menginap para atlet.Bersama dengan Chef de Mission (CdM/Ketua Kontingen Indonesia) Rosan P. Roeslani yang tinggal di sana, keduanya memastikan situasi di Athletes' Village tetap nyaman meski menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat."Kondisi di dalam aman sekali, tetapi sangat ketat. Para atlet Indonesia dalam kondisi sehat dan siap mengikuti pertandingan dalam Olimpiade Tokyo," kata Dubes Heri.Bentuk ruangan di Athlete's Village seperti apartemen. Satu apartemen diisi delapan orang dan satu kamar diisi dua orang. Untuk toilet berada di luar kamar. Yang unik, tempat tidurnya terbuat dari kardus yang dapat didaur ulang.[caption id="attachment_481770" align="alignnone" width="700"] Tempat tidur dari kardus yang dapat didaur ulang (Foto: KBRI Tokyo)[/caption]Pembangunannya menggunakan skema kerjasama antara Pemerintah Kota Tokyo dengan konsorsium perusahaan konstruksi Jepang yang ditunjuk oleh Pemerintah Kota.Pihak konsorsium kemudian membangun gedung dan berbagai fasilitas lainnya. Selama pelaksanaan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo, bangunan untuk Athletes' Village itu disewakan kepada Tokyo Organising Committee of Olympic and Paralympic Games (TOGOC).TOGOC melakukan perbaikan konstruksi untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan standar International Olympic Committee (IOC) dan International Paralympic.Athletes' Village dalam gelaran Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo ini akan menjadi warisan kota Tokyo, sebagai simbol keberagaman, keberlanjutan dan gaya hidup sehat.